TribunJateng/

Dinperindag Demak Lebih Rutin Pantau Harga Jelang Ramadan

Ia mengakui dari hasil pantauan harga yang dilakukan akhir pekan lalu memang ada kenaikan harga sedikit

Dinperindag Demak Lebih Rutin Pantau Harga Jelang Ramadan
tribunjateng/galih permadi
Ilustrasi pasar 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Menanggapi lonjakan beberapa harga barang pokok, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Demak menjelaskan akan lebih sering menggelar operasi pasar beberapa waktu kedepan.

Ia mengakui dari hasil pantauan harga yang dilakukan akhir pekan lalu memang ada kenaikan harga sedikit.

"Sebenarnya kami punya batasan berapa harga kebutuhan pokok itu tidak boleh naik melebihi harga yang sudah ditentukan," beber Kadinperindag, Zuarin, Selasa (16/5/2017).

Ia memaparkan, untuk harga gula misalnya tidak boleh lebih Rp 12500 per kilo. Minyak goreng kemesan sederhana Rp 11 ribu perliter dan daging sapi beku maksimal Rp 80 ribu per kilo.

"Yang lebih mahal memang ada, tentu yang memiliki kualitas lebih bagus boleh lebih mahal dari itu, namun di sebuah toko harus menyediakan produk yang memiliki harga standar tersebut," terangnya lebih lanjut.

Dari hasil pantauannya di beberapa toko bahkan hingga minimarket menurutnya pedagang masih tertib menyediakan barang dengan harga standar tersebut.

"Biasanya di minimarket, atau toko modern kan gula dan minyak bermerek lebih mahal, namun kemarin kami pantau mereka juga menyediakan yang standar, kalau masyarakat menemukan laporkan saja ke kami," beber wanita berhijab tersebut.

Selain kenaikan harga yang akan ia waspadai adalah melubernya para pedagang ke badan jalan di beberapa pasar tradisonal saat Ramadan dan menjelang hari raya nanti.

"Besok kami akan rapat koordinasi bersama forkopimda dan semua kepala Organdisasi Pemerintah Daerah tentang kebijakan untuk mengatur pasar tumpah karena itu melibatkan beberapa instansi lain mulai dari Dishub hingga Kepolisian," pungkasnya.

(*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help