TribunJateng/

Ini Tips Membedakan Telur Ayam Kampung yang Asli dan Palsu

Di pasaran banyak beredar pula telur ayam kampung aspal alias asli tapi palsu.

Ini Tips Membedakan Telur Ayam Kampung yang Asli dan Palsu
Istimewa
3 Tips Membedakan Telur Ayam Kampung yang Asli dan Palsu 

TRIBUNJATENG.COM- Telur ayam kampung memiliki kandungan gizi yang tinggi, yang baik untuk tubuh kita karena ayam kampung mengonsumsi makanan-makanan alami yang baik untuk kandungan gizi di dalam telurnya.

Saat kita mengonsumsi telur ayam kampung, dampaknya juga akan lebih baik untuk tubuh.

Sayangnya, telur ayam kampung sering dipalsukan.  Selain karena kandungan gizi yang lebih tinggi, telur ayam kampung juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis telur ayam lainnya.

Tak heran, kalau di pasaran banyak beredar pula telur ayam kampung aspal alias asli tapi palsu.

Telur yang dijajakan atau dijual memang benar-benar telur ayam asli, namun bukan dari ayam kampung. Para pedagang nakal ini menggunakan telur ayam negeri dengan memilih ukuran telur yang lebih kecil dan menyulapnya menjadi telur ayam kampung.

Proses penyulapan telur ayam negeri menjadi telur ayam kampung ini dilakukan dengan menggunakan bahan pemutih atau klorin dan cuka, agar kulit telur ayam negeri yang tadinya cokelat berubah menjadi putih seperti kulit telur ayam kampung. Tapi, tenang!

Kita tetap bisa membedakan mana telur ayam kampung asli dan palsu. Begini caranya:

Bentuk dan Ukuran Telur
Jika dilihat secara sekilas bentuk dan ukuran telur ayam kampung asli dan palsu memang sangat sulit untuk dibedakan. 

Namun jika diperhatikan lebih detil, bentuk telur ayam kampung yang asli lebih oval dan salah satu ujungnya meruncing. Beda dengan telur ayam kampung palsu, di mana ujung-ujung telurnya membulat, alias tidak nampak ada salah satu ujung telur yang runcing.

Warna
Warna telur ayam kampung tiruan biasanya lebih putih dan bersih dibandingkan dengan telur ayam kampung yang asli. Telur ayam kampung asli memiliki warna putih sedikit kecokelatan.

Kemudian, jika dipecahkan, warna kuning telur ayam kampung biasanya lebih merah atau oranye, sementara warna kuning telur ayam negeri terlihat lebih pucat. Dan, ukuran kuningnya juga lebih kecil dibandingkan dengan telur ayam negeri.

Tekstur Kulit Telur
Kulit telur ayam kampung yang asli memiliki tekstur yang lebih halus, licin, dan mengilap. Tidak demikian dengan tekstur dari kulit telur ayam kampung aspal, jika diraba kulitnya cenderung kasar dan berkapur. Tekstur kulit ayam kampong aspal ini akibat dari proses pemutihan yang dilakukan untuk mengelabui konsumen.

Setelah tahu berbagai perbedaan telur asli dan palsu, kini Anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih telur yang dibutuhkan. (Nova.id)

Editor: a prianggoro
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help