TribunJateng/
Home »

Sport

» Tinju

Siman Tambah Medali Emas Indonesia pada Islamic Solidarity Games 2017

Tim renang kembali menyumbangkan medali emas bagi kontingan Indonesia yang berlaga pada Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 di Baku, Azerbaijan.

Siman Tambah Medali Emas Indonesia pada Islamic Solidarity Games 2017
PRSI
Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa, berpose dengan medali emas yang dia dapatkan dari nomor 100 meter gaya punggung pada Islamic Solidarity Games di Baku, Azerbaijan, Senin (15/5/2017). 

TRIBUNJATENG.COM - Tim renang kembali menyumbangkan medali emas bagi kontingan Indonesia yang berlaga pada Islamic Solidarity Games (ISG) 2017 di Baku, Azerbaijan.

Pada hari ketiga, Senin (15/5/2017), I Gede Siman Sudartawa meraih medali emas dari nomor andalannya, 100 meter gaya punggung putra. Siman mencatat waktu 55,23 detik.

Medali perak diraih Merdan Atayev (Turkmenistan) dengan waktu 55,44 detik, sementara medai perunggu didapat Ege Baser (Turki) yang menyelesaikan lomba dalam 56,08 detik.

Dari Baku Aquatics Centre, ini merupakan medali emas kedua untuk Indonesia. Sehari sebelumnya, Gagarin Nathaniel Yus meraih medali emas dari nomor 200 meter gaya dada putra.

"Renang masih dua hari lagi. Saya bangga dan senang dengan hasil anak-anak di sini, apalagi mereka sudah menyumbangkan dua emas untuk Indonesia sampai hari ketiga," kata Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin E Rahardjo dalam rilis yang diterima KOMPAS.com.

"Catatan waktu mereka makin tajam, terbukti dengan pecahnya empat rekornas sampai saat ini. Semoga tren positif ini bisa berlanjut ke try out berikutnya di Perancis dan Budapest, serta mencapai puncaknya pada SEA Games Kuala Lumpur," kata dia lagi.

Selain medali yang disumbangkan Siman, rekor nasional baru kembali tercipta. Aflah Fadlan Prawira tampil gemilang saat turun pada nomor 400 meter gaya ganti perseorangan putra. 

Dia meraih medali perunggu berkat catatan waktu 4 menit 24,93 detik yang sekaligus menjadi rekor nasional baru.

Fadlan memecahkan rekor yang sudah bertahan sejak 1999 atau 18 tahun. Rekor nasional lama pada nomor ini dipegang Albert C Sutanto yaitu 4 menit 25,19 detik.

Medali perunggu juga disumbangkan oleh Adinda Larasati Dewi yang turun di nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri dengan catatan 2 menit 14,05 detik.

Dari nomor 1500 meter gara bebas putri, Raina Saumi Ramdhani meraih medali perak berkat catatan 17 menit 14,58 detik.

Tim estafet 4x200 meter gaya bebas putra juga meraih medali perak dengan waktu 7 menit 38,42 detik. Tim estafet beranggotakan Fadlan, Putera Randa, Ricky Anggawidjaja, dan Triady Fauzi.

Triady juga mempersembahkan medali perunggu pada nomor 50 meter gaya bebas putra dengan catatan waktu 22,86 detik.

Nurul Fajar menambah koleksi medali perunggu untuk Indonesia setelah menyelesaikan lomba 200 meter gaya punggung putri dengan waktu 2 menit 20,09 detik.

Pada hari ketiga, cabang olahraga renang mengoleksi satu medali emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Total, cabang ini sudah menyumbang 2 medali emas, 10 perak, dan 9 perunggu untuk Indonesia. (*)

Editor: sujarwo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help