TribunJateng/

Ramadan 2017

Daftar Kenaikan Beberapa Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan 2017

Harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di Kabupaten Purbalingga mulai naik pada dua minggu menjelang bulan Ramadhan.

Daftar Kenaikan Beberapa Kebutuhan Pokok Jelang Ramadan 2017
tribunjateng/dok
harga harga sudah mulai naik jelang Ramadan 2017 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) di Kabupaten Purbalingga mulai naik pada dua minggu menjelang bulan Ramadhan.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga mencatat, terjadi kenaikan harga di antaranya ayam ras dan telur ras. Harga daging ayam ras per kilogram yang semula Rp 30.000 menjadi Rp 32.000, atau naik Rp 2.000.

Demikian halnya harga telur per kilogram sebelumnya Rp 20.500 menjadi Rp 21.000, atau naik Rp 500. "Harga naik karena banyak masyarakat yang menggelar hajatan. Banyak juga masyarakat yang membuat kue untuk persiapan Lebaran," kata Gotin, warga Jatisaba RT 8 RW 3, Kecamatan Purbalingga, pedagang telur di Pasar Mandiri Purbalingga, Rabu (17/5).

Senada diungkapkan pedagang lain di Pasar Mandiri, Nurhasanah (70). Menurut dia, pedagang menaikkan harga daging ayam lantaran menyesuaikan harga dari agen yang mengalami kenaikan. Harga rata-rata Kepokmas kecuali daging ayam ras dan telur, relatif masih stabil.

Untuk komoditas cabe semisal, harga per kilogram cabe keriting masih normal di angka Rp 30.000, cabe hijau keriting Rp 16.000, cabai rawit hijau Rp 30.000 , dan cabe rawit merah Rp 55.000.

Harga beras juga belum mengalami kenaikan, masih Rp 9.000 untuk jenis IR 64 premium, dan Rp 8.000 untuk medium. Sedang komoditas lain, harga daging sapi masih Rp 115.000, minyak goreng botol Rp 14.000 per liter, dan minyak goreng curah Rp 12.000 per kilogram. Harga per kilogram bawang merah lokal Rp 25.000, bawang putih kating Rp 60.000, serta gula pasir Rp 12.500.

Pedagang kebutuhan pokok dan sayur di Pasar Kendal, Rubiah mengatakan selain bawang putih, kenaikan harga mengiringi harga telur dari Rp 18 ribu menjadi Rp 25 ribu per kilogram, harga beras kualitas biasa naik seribu dari Rp 9 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram, "Kalau mau puasa gini gak ada yang turun, semua harga naik tapi ya gak mesti soalnya tergantung stok, " ujar Rubiah yang sudah 25 tahun berdagang ini, Rabu.

Hal senada diungkapkan pedagang sayur lain, Solinawati yang menerangkan sejumlah harga sayur dan kebutuhan pokok mengalami kenaikan seperti kacang tanah yang naik dari Rp 22 ribu menjadi Rp 26 ribu per kilogram, harga bawang putih masih tinggi dalam sepekan terakhir dari Rp 30 ribu memjadi Rp 60 ribu per kilogram.

Pantauan Tribun Jateng, tidak hanya harga sayur, sudah satu minggu harga daging ayam mengalami kenaikan Rp 2 ribu sampai Rp 5 ribu per kilogram. Sebelumnya harga daging ayam Rp 28 ribu kini menjadi Rp 32 ribu per kilogram. Sedangkan harga daging ayam kampung mengalami kenaikan sebesar Rp 5 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogram.

Pedagang daging ayam di Pasar Kendal, Sukinah mengungkapkan kenaikan harga daging ayam sudah terjadi dua kali dalam satu minggu ini. Meski demikian, harga tersebut bisa berubah tiap hari sebab saat ini harga daging ayam masih belum stabil dan cenderung naik. “Tidak menutup kemungkinan mendekati bulan puasa harga daging ayam selalu naik karena permintaan juga tinggi, ini sudah jadi siklus tahunan tiap jelang puasa juga Lebaran, " jelasnya. (tribunjateng/cetak/aqy/dni)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help