TribunJateng/

Ramadan 2017

Penyedia Jasa Pengantar Barang Antisipasi Lonjakan Layanan Selama Ramadan

Selama Ramadan, volume pengiriman dari e-commerce naik 25-30 persen. Belum lama ini, PT Pos menjalin kerjasama dengan perusahaan belanjan online

Penyedia Jasa Pengantar Barang Antisipasi Lonjakan Layanan Selama Ramadan
Jasa pengiriman barang di Bandara A Yani 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- PT Pos Indonesia menambah armada dan kurir sebagai antisipasi kenaikan pengiriman barang jelang Lebaran. Kerjasama dengan e-commerce diakui mendongkrak volume pengiriman barang.

"Sudah kami siapkan dari segi kapasitas, SDM (sumber daya manusia), armada, juga perluan lain," ujar Manajer Humas PT Pos Indonesia, Abu Sofyan, kepada Kontan, Selasa (16/5).

Abu memprediksi, selama Ramadan, volume pengiriman dari e-commerce naik 25-30 persen. Belum lama ini, PT Pos menjalin kerjasama dengan perusahaan belanjan online asal Singapura, Shopee. Meski begitu, PT Pos juga membidik pengiriman barang dari perusahaan e-commerce lain, di antaranya Lazada dan Bukalapak.

SAP Express juga siap menambah armada dan kurir untuk mengantisipasi lonjakan layanan. Hanya, penambahan dilakukan menyesuaikan kebutuhan.

Saat ini, volume pengiriman SAP Express sudah mencapai lebih dari 1.000 paket. "Angka ini dipastikan meningkat mendekati Lebaran. Kami memprediksi kenaikan 60- 70 persen," kata Muhammad Azhary, General Manager Business Development and Retail SAP Express.

SAP Express memperkirakan, pendapatan selama Ramadan tahun ini naik 10 persen ketimbang bulan puasa tahun lalu. Saat itu, layanan pengiriman e-commerce berkontribusi 30 persen atau sekitar Rp 60 miliar terhadap total omzet pengiriman. Kontribusi selebihnya dari pengiriman ritel dan perbankan.

Jasa pengiriman e-commerce juga berkontribusi 30 persen bagi omzet 21 Express. Bahkan, prestasi e-commerce itu melebihi jasa pengiriman ritel. "E-commerce yang paling major di perusahaan kami adalah Matahari Mall," ungkap Fanywati Wyadi, Managing Director 21 Express.

Namun 21 Express melihat, momen Ramadan tak serta-merta mengerek pengiriman e-commerce. Sebab, karakter pasar, pengiriman paling stabil dan bisa terjadi saban hari. Lain dengan pengiriman ritel fesyen atau produk elektronik yang masih tergantung akhir pekan atau hari libur. Hal itu pula yang membuat 21 Express getol melayani jasa pengiriman e-commerce. (kontan/siti maghfirah)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help