TribunJateng/

Pertamina Ajari Siswa Otomotif SMKN 4 Semarang Bedakan Pelumas Asli dan Palsu

Pertamina Ajari Siswa Otomotif SMKN 4 Semarang Bedakan Pelumas Asli dan Palsu

Pertamina Ajari Siswa Otomotif SMKN 4 Semarang Bedakan Pelumas Asli dan Palsu
tribunjateng/raka f pujangga
PT Pertamina Lubricant memberikan pelajaran bagi ratusan siswa jurusan otomotif di SMKN 4 Semarang, yang bertema 'Siswa Terampil Mekanik'?, Kamis (18/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - PT Pertamina Lubricant memberikan pelajaran bagi ratusan siswa jurusan otomotif di SMKN 4 Semarang, yang bertema 'Siswa Terampil Mekanik'‎, Kamis (18/5/2017).

Area Sales Supervisor Pertamina Lubricants Jawa Tengah, Andar Dani Suwondo mengatakan, ‎kegiatan tersebut merupakan corporate social responsibility (CSR) dari Pertamina untuk dunia pendidikan.

Siswa diberikan pemahaman mengenai cara mengganti pelumas pada kendaraan bermotor roda dua.

"Tidak hanya mengganti pelumas, tetapi juga bagaimana mereka bisa memahami apa itu pelumas dan bagaimana fungsinya," jelas dia.

Selain itu, pihaknya mengajarkan cara membedakan pelumas yang asli dan palsu, menyusul maraknya pelumas palsu yang beredar di pasaran.

Bahkan, Dani mengaku seringkali menemukan produk pelumas Pertamina yang palsu beredar ke konsumen.

"Kami ajarkan anak-anak ini membedakan, di tutup botol dan bibir botol ada kode berjumlah delapan digit yang harus sama. Kalau beda atau jumlahnya kurang patut dicurigai palsu," jelas dia.

Dia menyampaikan, dari sisi harga, biasanya pelumas yang palsu selisih cukup jauh lebih murah dibandingkan yang palsu.

Meski tidak merusak mesin, karena biasanya pelumas palsu itu merupakan pelumas yang grade-nya berada di bawah standar aslinya.

"Merusak mesin nggak, tapi konsumen dirugikan karena mendapatkan grade-lebih rendah. Makanya kami ajarkan masyarakat mewaspadainya pelumas murah," jelas dia.

Dalam kegiatan itu juga sekaligus diserahkan alat kompresor dan peralatan lainnya pendukung untuk mengganti pelumas. (*)

Penulis: raka f pujangga
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help