TribunJateng/

Ramadan 2017

Harga Cabai Rawit di Salatiga Naik Jadi Rp 65 Ribu per Kilogram

Harga Cabai Rawit di Salatiga Naik Jadi Rp 65 Ribu per Kilogram yang terungkap pada Rapat Koordinasi dan Sosialisasi

Harga Cabai Rawit di Salatiga Naik Jadi Rp 65 Ribu per Kilogram
tribunjateng/dok
FOTO DOKUMEN Harga Cabai Rawit di Salatiga Naik Jadi Rp 65 Ribu per Kilogram, pekan kedua Mei 2017 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Bertempat di Ruang Rapat Kalitaman Lantai II Gedung Setda Kota Salatiga, Jumat (19/5/2017), Bagian Perekonomian Setda Kota Salatiga menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Persiapan Menghadapi Bulan Puasa dan Lebaran Tahun 2017.

Dalam rapat itu, ada beberapa yang disampaikan. Satu di antaranya dan dirasa penting untuk dipantau sejak dini yakni berkaitan dengan harga komoditas yang selama ini pula sebagai bahan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat Salatiga.

"Ada beberapa komoditas yang harganya mulai merangkak naik dari hasil survei rutin yang telah kami lakukan. Ini harus kami lakukan dan sampaikan kepada pemerintah agar laju inflasi di Kota Salatiga bisa terkendali," jelas Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Salatiga Henri Wagiyanto kepada Tribun Jateng, Jumat (19/5/2017).

Terlebih lagi, lanjutnya, sudah menjadi tradisi setiap menjelang memasuki Ramadan atau selama Ramadan hingga Lebaran, pemicu terjadinya inflasi satu di antaranya semakin tingginya permintaan terhadap barang dan jasa, tak terkecuali komoditas kebutuhan pokok masyarakat setempat. Dan tidak dimungkiri harga di tiap komoditas pun merangkak naik.

"Sebagai contoh dari yang telah kami laporkan tadi, kenaikan harga yang cukup signifikan ada di komoditas cabai rawit. Apabila harga di April 2017 adalah Rp 47.250 perkilogram, di pekan kedua Mei 2017 telah mencapai Rp 65 ribu perkilogram atau naik Rp 17.750 perkilogram," jelasnya.

Lalu di posisi kedua, lanjutnya, adalah bawang putih dari Rp 52.250 perkilogram menjadi Rp 58 ribu perkilogram atau naik sekitar Rp 5.750 perkilogram

Komoditas lainnya, pada harga cabai merah yang naik sekitar Rp 5 ribu perkilogram dari Rp 25 ribu perkilogram menjadi Rp 30 ribu perkilogram. Masih dikenaikan yang sama atau Rp 5 ribu perkilogram adalah harga ayam hidup dan daging ayam kampung.

"Sementara untuk harga telur ayam ras kenaikannya Rp 2.500 perkilogram dari Rp 17.500 perkilogram menjadi Rp 20 ribu perkilogram. Harga Cabai hijau naik Rp 4 ribu perkilogram dari Rp 16 ribu menjadi Rp 20 ribu perkilogram. Lalu untuk harga beras, naik Rp 700 perkilogram dari Rp 9.300 menjadi Rp 10 ribu perkilogram," jelasnya.

Dan secara umum, tambahnya, dilihat dari posisi kenaikan harga komoditas di beberapa kebutuhan pokok masyarakat itu, dapat dikatakan masih dapat dikendalikan atau masuk dalam kategori inflasi ringan. Dimana suatu kenaikan harga dalam setahun berada di bawah angka 10 persen.

"Dari data kami, untuk inflasi pada April 2017 berada di angka 0,22 persen atau mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya (Maret 2017) sebesar minus 0,14 persen. Kami akan terus lakukan survei di tiap pekannya agar jika terjadi inflasi yang cukup tinggi lagi, dapat segera pula bersama-sama dikendalikan," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga Muthoin tidak menampik telah terjadi pergerakan naik terhadap mayoritas harga komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Salatiga. Adapun berkaitan dengan ketersediannya, secara umum untuk kurun waktu hingga Mei 2017 ini dalam kondisi aman atau tersedia.

"Tidak perlu khawatir, stok bahan kebutuhan pokok pangan masyarakat di Kota Salatiga khususnya seperti beras, gula, minyak goreng, hingga daging masih dalam posisi aman. Ini berdasarkan survei kami di enam agen atau distributor di Kota Salatiga. Meskipun demikian, akan terus kami awasi sebagai upaya untuk menjamin ketersediaan bahan pokok dan mengantisipasi terjadinya inflasi," jelasnya.

Dalam laporan yang disampaikan dalam rapat, Muthoin mengutarakan secara umum yang senada dengan BPS Kota Salatiga. Untuk perkembangan harga kebutuhan bahan pokok pangan masyarakat pada pekan kedua Mei 2017 menjelang Ramadan, terdapat beberapa bahan pokok pangan yang mengalami fluktuasi harga, tetapi secara umum pula relatif stabil.

"Sebagai contoh harga cabai rawit merah yang ada di Pasar Raya I Jalan Jenderal Sudirman Kota Salatiga. Harga per 17 Mei 2017 yakni Rp 60 ribu perkilogram. Harga daging sapi Rp 85 ribu perkilogram, cabai hijau Rp 30 ribu perkilogram, cabai merah keriting Rp 25 ribu perkilogram, beras Rp 10 ribu perkilogram, dan telur Rp 21 ribu perkilogram," paparnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help