TribunJateng/

Semarakan Harkitnas, Puluhan Orang Ziarah ke Makam dr Tjipto di Ambarawa

Di bawah gambar besar pria yang mengenakan beskap, tertuliskan dr Tjipto Mangoenkoesoemo

Semarakan Harkitnas, Puluhan Orang Ziarah ke Makam dr Tjipto di Ambarawa
Tribun Jateng/Suharno
Masyarakat Ambarawa menyemarakan hari kebangkitan nasional (Harkitnas) dengan cara ziarah ke makam dr Tjipto Mangoenkoesoemo di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (20/5/2017). Masyarakat yang terdiri dari Ciptoan (para pengagum keteladanan dr Tjipto), Ikatan Dokter Indonesia provinsi Jawa Tengah dan keluarga besar dr Tjipto ini juga berdoa untuk almarhum serta persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Gambar besar seorang pria mengenakan beskap dibopong dua orang menyusuri Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (20/5/2017).

Di bawah gambar besar pria yang mengenakan beskap, tertuliskan dr Tjipto Mangoenkoesoemo.

Pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia ini diarak sejumlah orang yang mengenakan lurik, kebaya dan puluhan siswa yang memakai seragam Pramuka.

Ketua acara kegiatan tersebut, Warsito mengatakan acara bertemakan "Ambarawa Bangkit" ini dalam rangka menyemarakan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tanggal 20 Mei.

"Pada Harkitnas ini, kami mengajak warga Ambarawa untuk mengenang jasa serta keteladanan dr Tjipto. Bahwa Ambarawa juga memiliki seorang pejuang yakni dr Tjipto," tutur Warsito.

Warsito yang mengajak masyarakat Ambarawa untuk berjalan dari Taman Tugu Jam Ambarawa menuju ke Makam dr Tjipto yang berjarak sekitar 250 meter.

Dalam kegiatan ini, diikuti sejumlah komunitas seperti para penganggum dr Tjipto atau Ciptoan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jawa Tengah, hingga para pelajar.

"Kami melakukan tabur bunga di makam beliau (dr Tjipto) dan mendoakan arwah almarhum serta mendoakan persatuan dan kesatuan negeri ini yang telah diperjuangkan para pahlawan," sambungnya.

Warsito menambahkan, selain melakukan ziarah di makam dr Tjipto, dia juga melakukan rangkaian acara di Taman Tugu Jam di Ambarawa, pada Sabtu (20/5/2017) malam, seperti pentas seni, pembacaan puisi, hingga aksi teatrikal.

Halaman
12
Penulis: suharno
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help