TribunJateng/

Sweet Home

Tips Menata Dapur Tetap Bersih untuk Hunian Praktis dan Minimalis

Tips Menata Dapur Tetap Bersih untuk Hunian Praktis dan Minimalis di Bukit Wahid Regency, Semarang, Jumat (19/5) sore.

Tips Menata Dapur Tetap Bersih untuk Hunian Praktis dan Minimalis
tribunjateng/ist
Tips Menata Dapur Tetap Bersih untuk Hunian Praktis dan Minimalis di Bukit Wahid Regency, Semarang, Jumat (19/5) sore. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memiliki dapur minimalis untuk hunian dengan ruang yang terbatas, pantry adalah satu di antara solusinya. Mengutip dari apa yang dikatakan Yanez Rifani (39), seorang arsitek sekaligus direktur studio rancang bangun Dyanez789, pantry bisa disebut juga sebagai dapur kering atau dapur bersih.

"Pantry sudah menjadi primadona pilihan dapur yang bersih dan bergaya, untuk hunian perkotaan saat ini. Pantry bergaya minimalis memang yang paling banyak, namun dibentuk gaya klasik juga sebenarnya tetap bisa," ungkap Yanez saat ditemui Tribun Jateng di Bukit Wahid Regency, Semarang, Jumat (19/5) sore.

Bahan yang paling banyak digunakan saat ini untuk membuat pantry yakni, plywood (multipleks). Finishing plywood yang digunakan untuk pantry bisa menggunakan cat Duco maupun HPL (High Plessure Lamminated). Yanez juga mengatakan, untuk mempermudah perawatan dalam membersihkan pantry, lebih baik menggunakan finishing HPL yang tidak bertekstur.

"Sebab, saat kita memasak terkadang bahan-bahan masakan bisa saja tertumpah secara tidak sengaja. Kecap, minyak, tepung, air, saus dan lain sebagainya, akan mudah dibersihkan apabila memilih finishing plywood yang tidak bertekstur," tambahnya.

Yanez menjelaskan, apabila dibandingkan dengan bahan kayu solid atau kayu jati, akan lebih murah menggunakan plywood. Bergesernya ke kebutuhan bahan plywood saat ini, diakui Yanez akibat dari mahalnya harga kayu yang berkualitas tinggi.

Lima Langkah Mudah Menata Lemari dan Rak Dapur
Lima Langkah Mudah Menata Lemari dan Rak Dapur (TRIBUNJATENG/HERMAWAN HANDAKA)

"Asal perawatannya rutin setelah digunakan langsung dibersihkan, bahan plywood untuk pantry bisa memiliki masa pakai minimal 15 tahun. Pantry cocok untuk hunian dengan lahan terbatas, karena itu juga bisa disebut sebagai dapur yang kompleks. Yang memaksimalkan fungsi dari ruang yang terbatas," jelasnya.

Ketahanan plywood terhadap rayap juga diakui Yanez. Ia menjelaskan setiap lapisan pada lembar kayu mengandung zat kimia yang tidak disukai rayap.
"Saya pernah menyaksikan sendiri, rayap itu hanya lewat saja di kayu plywood tanpa memakannya. Beda dengan meja dari bahan kayu jati muda yang ada di dalam rumah saya, justru sudah dimakan oleh serangga rayap," herannya.

Minimalis

Penggunaan pantry dengan gaya minimalis juga sudah diterapkan Shinta Pamullasari, yang ada dirumahnya. Beralamat di Jalan Kalingga, Srondol Wetan, Banyumanik, Kota Semarang, pantry yang ada dirumahnya menyatu dengan ruang keluarga. Pantry gaya minimalis ini dominan menggunakan warna krem, putih, dan coklat.

Nampak terdapat beberapa laci untuk menyimpan berbagai peralatan masak, serta terdapat hiasan-hiasan toples berisi sayuran, dan buah-buahan yang diletakkan di atasnya. Pantry milik Shinta ini lengkap dengan kulkas, microwave, kompor, dispenser, tempat cuci piring, serta cabinet atas dan bawah untuk menyimpan peralatan lainnya.

"Proses pengerjaannya dahulu hanya membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Saya menggunakan tema minimalis, karena menyesuaikan desain rumah saya yang juga minimalis," tutur wanita yang juga bekerja di Angkasa Pura Support, Bandara Ahmad Yani, Semarang ini.

Sebenarnya, Shinta juga memiliki dapur basah yang digunakan untuk memasak kebutuhan makanan untuk keluarganya. Pantry hanya ia fungsikan untuk tempat menata makanan setelah di masak dari dapur basah. Sekaligus, untuk menyajikan makanan dan minuman saat ada tamu yang berkunjung ke rumahnya.

"Segala peralatan elektronik dan aksesoris tentunya saya beli di toko. Namun, untuk cabinetnya harus pesan khusus, karena menyesuaikan dimensi ruangan yang saya inginkan," pungkas Shinta. (tribunjateng/faizal m affan)

Penulis: faisal affan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help