TribunJateng/

Bisa Dapat Potongan Hingga Rp 22.500, Ini Berbagai Kelebihan Beli Tiket Kereta Api Secara Online

Lebih dari 50 persen pemesanan tiket dilakukan secara daring, dan KAI menilai hal ini sebagai kabar baik

Bisa Dapat Potongan Hingga Rp 22.500, Ini Berbagai Kelebihan Beli Tiket Kereta Api Secara Online
TRIBUNJATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
STASIUN BUMIAYU - Kereta api melintas di stasiun Bumiayu kabupaten Brebes. Perlintasan di stasiun ini termasuk rawan longsor 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi ‎Sukmoro mengeklaim pemesanan kereta untuk libur panjang Lebaran tahun ini ‎didominasi pemesanan daring (online).

Lebih dari 50 persen pemesanan tiket dilakukan secara daring, dan KAI menilai hal ini sebagai kabar baik.

Selain memperluas kanal penjualan, KAI mengubah beberapa kebijakan terkait pemesanan tiket yang semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan tiket.

"Selain itu kami juga memberlakukan potongan harga untuk administrasi. Jadi harga tiket yang dibayar pemesan secara otomatis terpotong Rp 7.500 untuk administrasi. Tidak hanya itu, pemesanan sebanyak empat lembar tiket hanya terkena biaya administrasi sekali, jadi bisa hemat Rp 22.500," beber Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo, Senin (22/5/2017).

‎Kelebihan lain dari pembelian karcis secara daring ini, masih menurut Edy, adalah jangka waktu pemesanan yang kini bisa dilakukan enam jam sebelum keberangkatan.

Program ini berlaku untuk pemesanan melalui situs tiket.kereta-api.co.id dan aplikasi KAI Access.

Sebelumnya, pemesanan via situs resmi maksimal bisa dilakukan pada H-2 sebelum keberangkatan dan 10 jam sebelum keberangkatan jika melalui aplikasi.

Sementara guna menghindari praktik percaloan,‎ KAI memberlakukan kebijakan pembayaran tiket maksimal satu jam pascapemesanan.

Edy menandaskan, kebijakan ini juga demi memperbesar kesempatan masyarakat lain untuk mendapatkan karcis yang sama.

"Sebelumnya ada jangka waktu tiga jam. Sekarang kalau dalam waktu satu jam pemesanan tidak dilunasi, maka tiket akan dijual lagi dan bisa diakses setiap orang," jelasnya. (*)

Penulis: ponco wiyono
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help