TribunJateng/

Hal-hal yang Perlu Dicek Sebelum Mudik Pakai Kendaraan Pribadi

Mempersiapkan kendaraan agar kondisinya prima saat digunakan mudik Lebaran nanti menjadi hal wajib yang harus dilakukan pengguna kendaraan pribadi.

Hal-hal yang Perlu Dicek Sebelum Mudik Pakai Kendaraan Pribadi
tribunjateng/hermawan handaka
Persiapan mudik lebaran, menyiapkan kondisi ban selalu fit, kalau perlu mengganti ban baru 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mempersiapkan kendaraan agar kondisinya prima saat digunakan mudik Lebaran nanti menjadi hal wajib yang harus dilakukan pengguna kendaraan pribadi. Pengecekan mulai dari mesin, mengganti oli, juga ban sangat penting guna menunjang keselamatan berkendara.

"Apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh. Pengecekan bagian-bagian kendaraan harus dilakukan secara seksama," ungkap Marketing Manager PT Jateng Top Distributor Ban Sepeda Motor Jateng dan DI Yogyakarta, Widodo Putranto, Jumat (9/6).

Widodo mengatakan, satu bagian penting yang tak boleh dilewatkan dalam pengecekan kendaraan adalah ban. Menurut Widodo, ban menjadi bagian kendaraan yang menahan beban kendaraan dan penumpang.

PT Pertamina Lubricant memberikan pelajaran bagi ratusan siswa jurusan otomotif di SMKN 4 Semarang, yang bertema 'Siswa Terampil Mekanik'?, Kamis (18/5/2017).
PT Pertamina Lubricant memberikan pelajaran bagi ratusan siswa jurusan otomotif di SMKN 4 Semarang, yang bertema 'Siswa Terampil Mekanik'?, Kamis (18/5/2017). (tribunjateng/raka f pujangga)

“Pastikan ban masih layak pakai dan tekanan angin pas. Pemilihan ban juga sangat penting, harus disesuaikan dengan tipe kendaraan. Bisa dipilih ban reguler atau tubles. Ban jenis tubles memang lebih efektif karena tak langsung kempes kalau terjadi kebocoran. Tapi, ban reguler pun tak kalah kuat di berbagai medan jalan,” jelasnya.

Sebagai produsen ban merek FDR untuk roda dua, Widodo mengatakan, pihaknya menyediakan 17 tipe ban reguler untuk kendaraan matik maupun sport. Di antaranya, City Force yang merupakan ban tube type dan Flamino yang merupakan tipe ban tubles. Soal harga, Widodo menyebut, ban FDR dijual mulai Rp 120 ribu sampai Rp 500 ribu.

Selain kesiapan kendaraan, Widodo mengatakan, saat mudik, pengendara bisa memanfaatkan fasilitas FDR On The Road. Pihaknya menyiapkan empat mobil FDR On The Road yang ditempatkan di jalur mudik, tiga di antaranya di Jalan Majapahit arah Purwodadi, Jalan Kelud, dan Ngaliyan. "Di sini, pemudik bisa berkonsultasi atau juga ganti ban," ujarnya.

Dua orang petugas service di  PT Astra Internasional Tbk - Daihatsu Cabang Tegal, Rabu (5/2/2014)
Dua orang petugas service di PT Astra Internasional Tbk - Daihatsu Cabang Tegal, Rabu (5/2/2014) ()

Sementara, Service Department Head Nasmoco Dwi Aprianto W Yakobus, mengatakan, menyervis mobil sebelum digunakan mudik merupakan hal wajib. "Meski perawatan rutin dilakukan, cek terakhir sebelum dibawa mudik itu penting. Apalagi jika mobil akan digunakan untuk berkendara jarak jauh," jelasnya di temui di acara Media Gathering di Crowne Plaza, Jumat (9/6) malam.

Beberapa bagian kendaraan yang harus dicek di antaranya, air wiper, air radiator, minyak rem, ban, juga air conditioner (AC). Untuk membantu calon pemudik menyiapkan kendaraan, Aprianto mengatakan, pihaknya menyediakan layanan Pre Holiday Campaign. Selama 15-21 Juni, calon pemudik bisa menyervis kendaraan di Nasmoco dan mendapat layanan diskon. "Kami sediakan diskon 25 persen untuk calon pemudik yang melakukan pemesanan servis," imbuhnya.

Polres Rembang bantu ganti ban mobil warga yang mogok di jalan
Polres Rembang bantu ganti ban mobil warga yang mogok di jalan (tribunjateng/humas polres rembang)

Selain itu, Nasmoco juga mendirikan Posko Siaga 24 jam yang menyediakan layanan bengkel selama 24 jam bagi pemudik yang ingin melakukan servis. Bengkel 24 jam ini dibangun di Semarang, Solo, Magelang, Tegal, dan Yogyakarta. Saat Lebaran, Aprianto memastikan layanan Nasmoco tetap buka. (tribunjateng/hei)

Penulis: hesty imaniar
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help