TribunJateng/

Lebaran 2017

PMI Jateng Siagakan 3.240 Petugas Medis Selama Arus Mudik

PMI Jateng siagakan 3.240 petugas medis selama arus mudik dan balik Lebaran 2017. Mereka juga mendirikan pos pertologan pertama di sejumlah titik.

PMI Jateng Siagakan 3.240 Petugas Medis Selama Arus Mudik
PMI
Logo PMI

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah, bersama PMI kabupaten/kota se-Jateng menerjunkan 3.240 petugas medis dan mendirikan Pos Pertolongan Pertama (PP) selama arus mudik/balik Lebaran 2017.

Ketua PMI Jateng, Imam Triyanto, melalui siaran pers yang diterima tribunjaten.com, Senin (19/6/2017) mengatakan, operasional Pos PP dan penyiagaan petugas dilakukan mulai H-7 hingga H+7 Lebaran.

"PMI Jateng telah menyiapkan 95 unit ambulans dan total 3.240 petugas yang akan membantu masyarakat selama 24 jam," katanya.

Pos PP yang didirikan PMI itu berada di beberapa lokasi strategis dan pusat keramaian. Semisal, di tepi jalur utama mudik, bandara, pelabuhan dan terminal.

Pos tersebut ada yang didirikan secara mandiri tapi ada pula yang merupakan gabungan dengan instansi pemerintah, polisi, TNI atau pihak lain.

Imam menjelaskan, tim medis yang diterjunkan di setiap posko terdiri dari dokter, perawat, dan sukarelawan. Mereka tak hanya memberi pertolongan pertama ketika ada korban dalam peristiwa kecelakaan namun juga menerima konsultasi kesehatan.

"Juga, akan memberikan konseling kesehatan, promosi kesehatan, hingga melakukan sosialisasi keselamatan bagi pemudik," ujarnya.

Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Masyarakat PMI Jateng, dr Hartanto, menambahkan, sejumlah 3.240 petugas tersebut terdiri dari 86 dokter, 321 perawat, dan 2.833 sukarelawan yang memiliki keterampilan pertolongan pertama.

Hartanto mengimbau, pemudik selalu berhati-hati dan waspada saat mengendarai kendaraan bermotor selama arus mudik yang padat dan rawan kecelakaan. "Silakan beristirahat di Pos PMI, bisa istirahat secara aman, nyaman, dan gratis," katanya. (*)

Penulis: m nur huda
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help