TribunJateng/

Lebaran 2017

Setelah Sidak ke Posko Kesehatan, Ini yang Diminta Komisi C DPRD Kabupaten Semarang

Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Semarang memantau kesiapan rest area dan posko layanan mudik Lebaran. Mereka juga mengecek jalur alternatif dan tol.

Setelah Sidak ke Posko Kesehatan, Ini yang Diminta Komisi C DPRD Kabupaten Semarang
tribun jateng/suharno
Anggota Komisi C memeriksa kesiapan posko kesehatan Lebaran, Senin (19/6). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Semarang memantau kesiapan rest area dan posko pelayanan mudik Lebaran, Senin (19/6/2017).

Para wakil rakyat yang duduk di parlemen ini juga memantau jalur alternatif dan jalan tol ruas Bawen-Salatiga.

"Hasil pantauan kami di lapangan, secara umum, instansi terkait sudah siap melayani pemudik. Tapi, masih ada beberapa koordinasi antarperangkat daerah yang perlu ditingkatkan berkaitan pelayanan kepada pemudik," papar Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Semarang, Bondan Marutohening, seusai pantauan, Senin (19/6/2017) sore.

Bondan mencontohkan, posko kesehatan di Tuntang dan Terminal Bawen yang perlu ditingkatkan karena belum ada jaringan komunikasi yang terkoneksi antara posko yang ada.

"Untuk jalur alternatif, kami lihat, rambu-rambu petunjuk arah sudah siap sehingga bisa membantu pemudik ketika terjadi kemacetan di jalur utama. Kondisi jalan jalur alternatif juga relatif layak dilewati pemudik," sambungnya.

Bondan memperkirakan, kemacetan lalu lintas akan terjadi di Ambarawa, pintu keluar tol Tingkir Salatiga, serta jalan utama yang terdapat pasar tradisional.

Sebab, menurutnya, aktivitas di pasar tradisional biasanya meluber sampai ke jalan raya sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan.

"Kami minta petugas Dishub disiagakan di pasar-pasar tradisional tepi jalan raya. Kalau perlu, lakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan," tegasnya.

Bondan meminta Kepala OPD (organisasi perangkat daerah) yang terlibat dalam posko pelayanan arus mudik ikut memantau situasi yang ada sehingga ketika ada kesulitan dan permasalahan, bisa segera ditangani.

"Antarperangkat daerah harus ada koordinasi yang solid sehingga ketika ada persoalan bisa segera ditangani," harapnya. (*)

Penulis: suharno
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help