TribunJateng/

Arsitektur Ini Sulap Pabrik Semen Jadi Tempat Tinggal Berdesain Unik

Ricardo Bofill menyulap bekas pabrik semen menjadi tempat tinggal. Butuh waktu 45 tahun bagi Bofill menata pabrik yang dibangun 1973 itu menjadi rumah

Arsitektur Ini Sulap Pabrik Semen Jadi Tempat Tinggal Berdesain Unik
Bored Panda
Ruang kerja sekaligus studio di rumah yang sebelumnya berfungsi sebagai pabrik semen. 

TRIBUNJATENG.COM – Tahun 1973, Ricardo Bofill menemukan sebuah pabrik semen yang bobrok. Sekali melihat, arsitek ini tahu potensi keindahan dalam pabrik.

Dilansir dari boredpanda.com, pabrik semen itu terletak tepat di luar Barcelona. Saat Perang Dunia II, pabrik ini ditutup.

Bofill pun membeli pabrik ini dan 45 tahun kemudian, ia telah mengubah pabrik semen tersebut menjadi rumah yang spektakuler dan unik.

pabrik semen disulap jadi rumah
pabrik semen disulap jadi rumah (Bored Panda)

Ia memberi nama La fabrica. La fabrica adalah sebuah karya yang sampai hari ini masih berjalan.

Rumah ini di desain untuk melihat masa depan.

Ia melakukan dekonstruksi parsial dan terus memberikan interior modern. Eksteriornya dicampur dengan vegetasi dan sekarang menjadi tanaman hijau yang subur.

Setiap ruangan dirancang dengan tujuannya tersendiri. Tidak ada yang terlihat sama.

“Saya ingin rumah ini memiliki kesan hidup. Sehingga ia bisa melindungi saya dari kehidupan di luar sana sehari-hari,” tulis Bofill.

pabrik semen disulap jadi rumah
pabrik semen disulap jadi rumah (Bored Panda)

Dari seluruh ruangan, ruang kerja Bofill merupakan komponen terpenting di sini. Sebab, ruang kerjanya berfungsi sebagai studio.

Bofill ingin memberi bangunan sebuah “aspek misterius dari kehancuran romatis yang membuatnya unik dan tidak dapat diperbaiki”. (Intisari online)

Berita ini sudah tayang di Intisari.grid.id, Kamis (29/6/2017), dengan judul: Setelah 45 Tahun, Arsitek Ini Ubah Pabrik Semen Bobrok Jadi Rumah yang Spektakuler dan Unik

Editor: rika irawati
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help