TribunJateng/

Motor Gede Masuk Tol? Boleh, Ini Syaratnya

Kejadian motor masuk tol sempat terekam dan menjadi viral di dunia maya. Ternyata, motor boleh masuk tol dalam kondisi tertentu. Ini di antaranya.

Motor Gede Masuk Tol? Boleh, Ini Syaratnya
TRIBUNJATENG/SUHARNO
Jalan tol Bawen di Kabupaten Semarang ke Tingkir Kota Salatiga, sudah difungsikan sejak Minggu (18/6/2017). (ILUSTRASI) 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA – Video motor masuk tol sempat viral di jagad media sosial, beberapa waktu lalu. Sesuai aturan, sepeda motor memang tak boleh melintas di jalan tol. Meski begitu, ada skenario yang memungkinkan hal itu dilakukan.

Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, biker atau misalnya rombongan moge memilih rute jalan tol harus mendapatkan diskresi polisi. Wujudnya, bisa dalam bentuk pengawalan.

“Motor sudah jelas dilarang masuk tol, kecuali petugas. Kecuali juga ada diskresi, itu ada tingkat urgensinya, maka mungkin saja diperkenankan dan itu di bawah payung hukum,” jelas Jusri, Kamis (29/6/2017).

Baca: Tak Tahu Jalan, Enam Anak Desa Ini Kendarai Sepeda Motor Masuk Tol Ungaran Semarang, Begini Jadinya

Dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian dikatakan, setiap polisi memiliki kewenangan diskresi, yaitu kewenangan untuk bertindak demi kepentingan umum berdasarkan penilaian sendiri. Hal itu tertuang pada Pasal 18 Ayat 1.

Tanpa diskresi, biker maupun pengendara motor lain tak diperkenankan masuk tol. (Otomania.com)

Berita ini sudah tayang di Otomania.com, Jumat (30/6/2017), dengan judul: Ini Skenario Motor Bisa Masuk Tol

Editor: rika irawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help