TribunJateng/

Ototrend

Bagian-bagian Mobil yang Perlu Dicek Seusai Dipakai Perjalanan Mudik

Saya memang rutin melakukan general check up, baik sebelum mudik maupun setelah mudik. Pengecekan yang dilakukan diantaranya kopling, oli, dan kampas

Bagian-bagian Mobil yang Perlu Dicek Seusai Dipakai Perjalanan Mudik
tribunjateng/firna larasanti
Mekanik Bengkel Suzuki Semarang sedang mengecek kondisi Mobil pelanggan 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Siswadi (60) lega. Agenda silaturahim Lebarannya bersama keluarga berjalan lancar. Beberapa hari lalu, ia baru saja mudik dari Pekalongan ke Tegal. Meski jaraknya terbilang tidak terlalu jauh, ia tetap melakukan pengecekan mobil yang ditumpanginya agar tetap aman dan nyaman setelah dipakai mudik.

"Saya memang rutin melakukan general check up, baik sebelum mudik maupun setelah mudik. Pengecekan yang dilakukan diantaranya kopling, oli, dan kampas rem. Apalagi kondisi kopling mobil saya sempat mengalami masalah ketika perjalanan mudik," kata Siswadi kepada Tribun Jateng, Jumat (30/6).

Ia menambahkan, setelah dipakai berkeliling silaturahim ke berbagai tempat, mesin mobil harus tetap terjaga dan butuh pemeriksaan lebih lanjut setelah melakukan perjalanan jauh.

Mekanik Bengkel Suzuki Semarang sedang mengecek kondisi Mobil pelanggan
Mekanik Bengkel Suzuki Semarang sedang mengecek kondisi Mobil pelanggan (tribunjateng/firna larasanti)

"Mumpung saya masih cuti bekerja, saya sempatkan memeriksakan kendaraan. Khawatirnya, ke depan, kondisi bengkel sudah mulai ramai lagi dan antre panjang," ujar Siswadi.

Kegiatan mudik memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia ketika Hari Raya Idulfitri. Perjalanan jauh ditempuh demi bisa berkumpul dengan keluarga. Mobil pribadi, selain juga angkutan umum dan sepeda motor, menjadi kendaraan andalan.

Siti Rohana (27), yang melakukan mudik ke Boyolali dari Semarang juga melakukan pengecekan serupa.

"H-1 sebelum keberangkatan mudik saya dan suami cek kondisi mesin mobil terlebih dahulu. Sebagai antisipasi agar mobil tidak macet di tengah jalan," ujar Siti Rohana.

Ia mengaku selalu menyempatkan pemeriksaan mobilnya sebelum digunakan untuk bepergian jauh. Selain itu, ia juga tidak masalah jika harus mengeluarkan uang untuk servis mobil dari pada terjadi kerusakan yang mengancam keselamatan.

"Iya tidak masalah, setidaknya perlu membawa uang Rp 100.000-250.000 untuk berjaga-jaga apabila ada yang harus diganti," ujarnya.

Setelah dipergunakan mudik, bila mobil tidak ada masalah, maka ia hanya melakukan bersih-bersih saja. Ia ingin mobilnya tetap tampil mengkilap dan enak dipandang.

Halaman
12
Penulis: Firna Larasanti
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help