TribunJateng/

Selain Enak, Cokelat Ternyata Bisa Tingkatkan Daya Ingat Lho

Sebab, menurut jurnal yang dipublikasikan di Frontiers in Nutrition menyebutkan, mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan ingatan

Selain Enak, Cokelat Ternyata Bisa Tingkatkan Daya Ingat Lho
GOOGLE
Ilustrasi cokelat 

TRIBUNJATENG.COM - Jangan merasa terlalu bersalah kala menikmati kudapan manis favorit Anda.

Sebab, menurut jurnal yang dipublikasikan di Frontiers in Nutrition menyebutkan, mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan ingatan, kognisi, dan bahkan bisa mengurangi risiko demensia.

Peneliti asal Italia secara khusus melihat apa yang terjadi pada otak manusia beberapa jam setelah memakan flavanol kakao (antioksidan yang ditemukan dalam cokelat hitam atau dark chocolate), dibandingkan dengan apa yang terjadi saat Anda memakannya untuk waktu yang lama.

Untuk konsumsi yang berkepanjangan, bagi orang dewasa, memakan flavanol kakao dari periode waktu mulai dari lima hari sampai tiga bulan, terlihat peningkatan ingatan kerja mereka, kelancaran verbal, perhatian, dan peningkatan fungsi otak.

Efeknya, lebih terasa pada orang yang sudah mulai mengalami penurunan mental.

Ada kemungkinan bahwa kakao kaya flavanol dapat secara signifikan meningkatkan aliran darah ke jaringan otak Anda, terutama ke hippocampus yang memainkan peran penting dalam menjaga ingatan seiring bertambahnya usia.

Para periset merekomendasikan agar makan cokelat hitamsetiap hari.

Namun, itu bukan alasan untuk melwati batas karena cokelat padat secara kalori.

Seorang ahli gizi, Chris Mohr, mengatakan selama Anda membatasi ukuran porsi Anda sampai 1 ons, sangat baik untuk memanjakan diri sekali sehari.

Lalu, untuk mendapatkan manfaat dari sajian manis Anda, pilihlah yang mencantumkan setidaknya 70 persen kakao pada kemasannya.

Lebih baik lagi, tambahkan 100 persen biji kakao ke dalam yogurt atau oatmeal Anda untuk tetap sehat tanpa khawatir berat badan naik. (*)

berita ini sudah diunggah Kompas.com dengan judul Inilah Jenis Camilan yang Baik dalam Jaga Kualitas Ingatan Anda

Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help