TribunJateng/

JANGAN Sembarangan Memodifikasi Jika Tak Ingin Mobil Terbakar, Ini Rambu-rambunya

Kasus mobil terbakar bisa terjadi pada mobil apapun. Tak hanya masa pakai lama tetapi usia baru pun bisa mengalami hal serupa.

JANGAN Sembarangan Memodifikasi Jika Tak Ingin Mobil Terbakar, Ini Rambu-rambunya
tribunjateng/humas polres kebumen
Mobil terbakar di Kebumen, 10 Maret 2017. (ILUSTRASI) 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kasus mobil terbakar, terutama di jalan tol, beberapa kali terjadi.

Kasus seperti itu bisa terjadi pada mobil apapun. Tak hanya masa pakai lama tetapi usia baru pun bisa mengalami hal serupa.

Jadi, setiap pemilik mobil harus waspada dan mengetahui apa penyebab utamanya.

General Manager Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi menjelaskan, faktor utama kebakaran pada mobil bisa disebabkan karena kesalahan modifikasi, terutama pada sistem kelistrikan.

Maksud dia, jika memodifikasi sistem kelistrikan harus ekstra hati-hati, jangan sampai ada kesalahan karena bisa menyebabkan mobil terbakar.

"Jika modifikasi lampu dan pemasangannya tidak sempurna atau terjadi kesalahan bisa saja menyebabkan terjadinya kebakaran," ujar Dadi beberapa waktu lalu.

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menambahkan, faktor lain bisa juga disebabkan karena karet pembungkus kabel sudah mengalami kerusakan atau rapuh.

Biasanya terjadi pada mobil yang sudah berumur atau masa pakai lebih dari lima tahun. "Kemungkinannya memang kecil, paling utama karena modifikasi kelistrikan yang tidak benar," kata Anjar kepada Otomania.com belum lama ini.

Kedua hal tersebut menurut Dadi dan Anjar, merupakan faktor utama terjadinya mobil bisa terkabar. Jadi, buat Anda semua harus hati-hati jika melakukan modifikasi, terutama pada sistem kelistrikan. (otomania.com)

Berita ini sudah tayang di Otomania.com, Senin (10/7/2017), dengan judul: Wajib Tahu Penyebab Mobil Bisa Terbakar

Editor: rika irawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help