TribunJateng/

Kuliner Style

Badannya Belepotan Sambal Ulek Mentah, Yuk Cicipi Pecak Ikan Malas di Tepian Waduk Penjalin

Besar badannya yang seukuran dua jari orang dewasa belepotan dengan sambal ulek mentah

Badannya Belepotan Sambal Ulek Mentah, Yuk Cicipi Pecak Ikan Malas di Tepian Waduk Penjalin
Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto
Pecak betutu 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,BREBES - Sajian makanan ikan air tawar banyak dijumpai, semisal mujair, lele, nila, gurameh, patin, dan masih banyak lagi. Namun, apakah anda sudah menjajal masakan olahan ikan betutu?

Masakan ikan dengan nama latin oxyeleotris marmorata itu jarang ditemukan di daftar menu makanan di rumah makan atau pun restauran.

Namanya hampir mirip dengan ayam betutu yang merupakan khas Bali dengan rasa super pedas.

Anda bisa mencicipi masakan olahan ikan betutu di Brebes, tepatnya di Waduk Penjalin Kecamatan Paguyangan. Waduk Penjalin terletak di perbatasan Brebes dan Banyumas.

Pemandangan waduk penjalin
Pemandangan waduk penjalin (Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto)

Selain menjadi penyuplai irigasi Sungai Pemali, waduk yang dibangun tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda itu cukup memberikan berkah kepada warga di sekitarnya.

Dengan hasil ikan betutu yang melimpah, warga dapat membuka usaha dengan menu makanan utama olahan ikan betutu. Pecak betutu, dan betutu goreng mampu membuai lidah penyantapnya.

Dua ekor betutu meringkuk malas di piring yang ukurannya tak begitu besar. Besar badannya yang seukuran dua jari orang dewasa belepotan dengan sambal ulek mentah. Pecak betutu siap disajikan.

Pecak betutu
Pecak betutu (Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto)

Di piring lainnya, dua betutu juga berbaring malas dengan badan bersih tanpa baluran sambal. Di sampingnya, tersaji piring kecil sambal terasi, jika ingin sensasi lebih pedas. Betutu goreng siap disantap.

Perlu diketahui, nama lain ikan betutu adalah ikan malas. Di daerah lain, namanya berbeda- beda, bakut, bakutut, belosoh, boso, boboso, bodobodo dan lain- lain.

Halaman
123
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help