TribunJateng/

Asita Jateng : Biro Perjalanan Unggul di Paket Wisata dibanding Biro Online

Ketua Asita Jawa tengah, Joko Suratno mengatatakan layanan online travel agent (OTA) lebih menyasar pasar perseorangan atau kelompok kecil.

Asita Jateng : Biro Perjalanan Unggul di Paket Wisata dibanding Biro Online
tribunjateng/hermawan handaka
MAJALAH KEREN- Gubernur Ganjar menyebut majalah Jateng Travel Guide buatan Tribun Jateng keren dan berkualitas. Gubernur menjadi pembicara diskusi bersama Kadisbudpar Jateng, Rektor Unika, GM Garuda Indonesia dan Ketua Asita Jateng di Wisma Perdamaian, Kamis 27 Agustus 2015. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ketua Asita Jawa tengah, Joko Suratno mengatatakan layanan online travel agent (OTA) lebih menyasar pasar perseorangan atau kelompok kecil.

Selain itu, yang mereka tawarkan bukanlah paket wisata namun hanya hotel atau tiket.

"Meski demikian, pasti ada dampak bagi biro perjalanan konvensional," katanya pada tribun Jateng, Rabu (12/7/2017).

Masih banyak segmen pasar yang membutuhkan jasa dan layanan agen perjalanan konvensional karena pelayanan dan keramahan yang ditawarkan tidak ada dalam layanan OTA.

Dari sisi harga, sebenarnya tidak ada perbedaan.

Yang membedakan adalah OTA lebih berani melakukan strategi penjualan dengan melakukan subsidi agar menarik.

Dan itu hanya untuk voucher atau tiket bukan untuk paket wisata.

Kekhawatiran biro konvensional akan dampak dari OTA pasti ada karena gadget dalam genggaman lebih fleksibel dalam hal waktu.

Sehingga pelanggan dimudahkan dengan fasilitas itu.

Akan tetapi asal diimbangi beragam inovasi, seperti metode pembayaran yang mudah menggunakan kartu kredit dan sebagainya, biro konvensional pasti tetap mendapat pasar yang besar.

Selain itu, agar biro perjalanan konvensional tetap eksis, pertama, harus tetap mempertahankan kwalitas layanan secara konvensional. Kedua, suka tidak suka harus membuat layanan online juga, agar menjangkau semua market. (tribunjateng/cetak/nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help