TribunJateng/
Home »

Bisnis

» Mikro

Dongkrak Penjualan, Diler Mobil Ramai-ramai Tawarkan Uang Muka Rendah

Lesunya perekonian tak bikin diler mobil pesimis. Untuk mendongkrak penjualan pada semester II 2017, mereka telah menyiapkan beragam strategi

Dongkrak Penjualan, Diler Mobil Ramai-ramai Tawarkan Uang Muka Rendah
tribunjateng/m zainal arifin
PT Sejahtera Sunindo Trada luncurkan Suzuki Ignis di Diler jalan Pemuda, Semarang, Jumat (21/4/2017). 

TRIBUNJATENG.COM - Lesunya perekonian tak bikin diler mobil pesimis. Untuk mendongkrak penjualan pada semester II 2017, mereka telah menyiapkan beragam strategi.

Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto mengatakan, pihaknya menggelar program spesial berupa down payment (DP) murah untuk memudahkan pelanggan membeli mobil.

"Kami ada program pembelian tanpa uang muka untuk produk Agya, Calya dan Avanza. Serta voucher gratis BBM sebesar Rp 1,5 juta khusus pembelian New Yaris," jelasnya, Sabtu (15/7).

Sedangkan pada semester I tahun ini, penjualan Toyota di Jateng mengalami peningkatan. Tercatat Januari-Juni 2017, penjualan mencapai 13.895 unit.

"Penjualan tetap naik meski pasar otomotif kurang bergairah karena ekonomi lesu. Kontribusi terbesar penjualan didominasi mobil untuk segmen keluarga," kata Fatrijanto.

Paling laku adalah mobil berkapasitas 7 penumpang atau Multi Purpose Vehicle (MPV).

Menurutnya, penjualan MPV Toyota semester lalu didominasi Avanza yang menyumbang penjualan 31 persen, Calya 23 persen dan Innova 16 persen. Sedangkan dari sisi market share, penjualan mobil Toyota hanya tumbuh 1,2 persen.

Program khusus DP murah juga ditawarkan PT Sejahtera Sunindo Trada selaku diler resmi Suzuki untuk mendongkrak penjualan mobil penumpang (passanger car). Yaitu pembelian Wagon R cukup membayar DP Rp 5 juta, Ertiga Rp 9 juta dan Igniz Rp 10 juta.

"Selain program DP murah, kami juga ada program kerjasama leasing untuk meningkatkan penjualan," kata Marketing Head PT Sejahtera Sunindo Trada, Mutakin.

Pada semester I lalu, target penjualan mobil Suzuki tercapai 92 persen atau 1.819 unit berbagai tipe. Namun dari jumlah tersebut, masih didominasi kendaraan komersil yang berkontribusi 40 persen terhadap total penjualan.

Sedangkan untuk mobil penumpang, didominasi produk Ertiga yang berkontribusi 18 persen, Wagon R 5,8 persen dan Igniz yang merupakan produk terbaru Suzuki hanya menyumbang 4 persen.

"Produk Ertiga masih memimpin penjualan mobil penumpang di Suzuki. Dari penjualan itu, market share kami tercapai 10,2 persen dari target 2017 ini 13 persen," terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan fokus menggarap pasar line up Suzuki untuk menambah penjualan pada semester II. Rencananya, Suzuki akan meluncurkan produk line up dari Baleno Sport berkapasitas 1.400 cc pada Agustus mendatang. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help