TribunJateng/

OPINI

Ilegalitas Pansus Angket DPR

Pembentukan Pansus Hak Angket DPR RI yang ditujukan khusus kepada KPK tidak tepat alias ilegal dilihat dari aspek hukum tata negara.

Ilegalitas Pansus Angket DPR
TRIBUN JATENG/GRAFIS/BRAM
Dr Agus Riewanto, Pengajar Fakultas Hukum dan Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Opini ini ditulis oleh Dr Agus Riewanto, Pengajar Fakultas Hukum dan Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

TRIBUNJATENG.COM - Sikap DPR RI yang nekat untuk membuat panitia khusus (Pansus) inisiatif menggulirkan hak angket, yaitu hak DPR RI untuk melakukan penyelidikan terhadap kinerja KPK terkait dengan pemberantasan korupsi dalam kasus megakorupsi proyek pengadaan KTP Elekronik (KTP-el) dengan kerugian Rp. 2,5 triliun yang diduga kuat mengalir ke sejumlah pejabat di Kemendagri, sejumlah anggota DPR RI, dan para pengusaha pemenang tender mengejutkan publik.

Belakangan ini sejumlah kalangan menolak hak angket DPR ini karena dicurigai hendak membonsai kewenangan KPK dalam pemberantasan korupsi.

Pembentukan Pansus Hak Angket DPR RI yang ditujukan khusus kepada KPK tidak tepat alias ilegal dilihat dari aspek hukum tata negara.

Paling tidak terdapat tiga alasan mengapa kerja Pansus Hak Angket DPR ini ilegal.

Pertama, dari aspek subjek pengawasan, jika di baca dalam batas penalaran hukum tata negara sesungguhnya KPK bukanlah subjek pengawasan DPR.

Sebab KPK merupakan bagian dari aparatur penegakan hukum di bidang pemberantasan korupsi.

Karena itu, KPK masuk dalam ranah bagian dari lembaga kekuasaan kehakiman sebagai penegak hukum khusus(lex specialis)bidang pemberantasan korupsi sesuai dengan ketentuan Pasal 24 Ayat (1) UUD 1945.

Bahkan menurut ketentuan Pasal 3 UU No. 30 Tahun 2002 tentang KPK ditegaskan, bahwa KPK bekerja secara independen dan tidak boleh dicampuri oleh intervensi lembaga apapun.

Sedangkan subjek pengawasan DPR hanyalah pemerintah.

Halaman
123
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help