TribunJateng/

Perpindahan Penduduk ke Jateng di 2017 Melonjak Drastis, Ada Mobilisasi Massa?

Di sisi lain, sejak awal tahun lalu hingga 5 Juli 2017, di Jateng tercatat pertumbuhan demograsi cukup signifikan, yaitu mencapai 142.634

Perpindahan Penduduk ke Jateng di 2017 Melonjak Drastis, Ada Mobilisasi Massa?
Tribun Jateng/khoirul muzakki
Ilustrasi perpindahan penduduk 

Lonjakan Demografi di Jateng Potensial Terkait dengan Pilkada

TRIBUNJATENG.COM - Pengerahan massa dari luar wilayah menjelang gelaran pilkada untuk kepentingan pihak tertentu dinilai merupakan ‎strategi pemenangan lawas.

Strategi itu sudah tak asing lagi bagi para pihak yang turut terlibat dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Rakyat Demokratik (PRD) Jateng‎, Kholid Mawardi.

"Itu strategi lawas, dan masih mungkin akan dilakukan pada pilkada mendatang," katanya, kepada Tribun Jateng, baru-baru ini.

Seperti diketahui, di provinsi ini pada 2018 bakal diselenggarakan delapan pilkada, meliputi pemilihan gubernur (pilgub), serta tujuh pemilihan wali kota /bupati (pilwalkot/pilbup).

Pilwalkot/pilbub pada 2018 akan diselenggarakan meliputi Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Magelang, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Kudus.

Di sisi lain, sejak awal tahun lalu hingga 5 Juli 2017, di Jateng tercatat pertumbuhan demograsi cukup signifikan, yaitu mencapai 142.634 orang dari luar wilayah masuk ke Jateng, tersebar di sejumlah daerah.

Angka itu jauh lebih tinggi dari total perpindahan penduduk dari luar wilayah yang masuk ke Jateng sepanjang 2016 lalu, dengan jumlahnya sebanyak 106.074 orang, atau pada 2015 sebanyak 106.078 orang.

Kholid menuturkan, pada gelaran pertarungan memerebutkan kekuasan sebelum era‎ pilkada serentak, strategi mobilisasi massa lebih mudah dilaksanakan. Selain itu, mekanisme pemutakhiran data pemilih masih menggunakan KTP sebagai acuan data.

Halaman
123
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help