TribunJateng/
Home »

Techno

» News

Dinosaurus Mirip Burung Seukuran Manusia Ditemukan di Kanada

Seekor dinosaurus mirip burung hampir sebesar manusia telah diidentifikasi oleh para ilmuwan di Kanada.

Dinosaurus Mirip Burung Seukuran Manusia Ditemukan di Kanada
Istimewa
Seekor dinasourus mirip burung sebesar manusia telah telah diidentifikasi oleh para ilmuwan. 

TRIBUNJATENG.COM - Seekor dinosaurus mirip burung hampir sebesar manusia telah diidentifikasi oleh para ilmuwan di Kanada. Makhluk berbulu biru dan krem itu ditemukan di Alberta dan diperkirakan hidup 71 juta tahun silam.

Fosilnya  telah digali selama bertahun-tahun di wilayah yang sekarang disebut Red Deer River Valley, sebuah ‘makam’ dinosaurus yang terkenal, tapi baru sekarang gambaran sebenarnya disiarkan.

Para ahli paleontologi mulanya  mengira tulang belulang Albertavenator milik kerabat dekatnya Troodon, yang hidup sekitar lima juta tahun lalu.

Identifikasi spesies troodontida baru itu berlangsung di Late Cretaceous, Amerika Utara,  yang menunjukkan keragaman dinosaurus menjelang akhir keberadaannya.

Dinosaurus itu berjalan dengan dua kaki, ditutupi bulu dan berukuran seukuran seseorang. Troodon diyakini sebagai dinosaurus terpandai yang pernah ada.

Dinosaurus Itu memiliki otak besar - secara proporsional lebih besar daripada yang ditemukan pada reptil hidup. Jadi mungkin sama cerdasnya dengan burung modern yang lebih mirip ukuran otaknya.

Kini, perbandingan tulang yang membentuk bagian atas kepala menunjukkan Albertavenator memiliki tengkorak yang lebih pendek dan lebih kuat daripada Troodon, kerabatnya yang terkenal cerdas.

Pemimpin proyek Dr David Evans, kurator senior paleontologi vertebrata di Royal Ontario Museum, mengatakan, tulang-tulang halus dari dinosaurus berbulu kecil ini sangat langka.

"Kami beruntung memiliki bagian penting dari tengkorak yang memungkinkan kami membedakan Albertaventaor sebagai spesies baru."

"Kami berharap bisa menemukan kerangka Albertavenator yang lebih lengkap di masa depan karena ini akan memberi tahu kami lebih banyak tentang hewan yang menakjubkan ini," lanjutnya.

Mengidentifikasi spesies baru dari fosil tersebut, kata Dr David,  merupakan tantangan tersendiri. “Hal yang rumit adalah ratusan gigi terpisahi yang ditemukan di Alberta dan sebelumnya dikaitkan dengan Troodon,”  ungkapnya. (Dailymail)

Editor: sujarwo
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help