TribunJateng/

Gempa 4,7 SR Guncang Krui Lampung, Getarannya Sampai Pesisir Barat

BMKG menyampaikan adanya gempa bumi berkekuatan 4,7 pada Skala Richter (SR) di barat Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Senin malam (17/7/2017).

Gempa 4,7 SR Guncang Krui Lampung, Getarannya Sampai Pesisir Barat
Net
Ilustrasi Gempa Bumi 

TRIBUNJATENG.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan adanya gempa bumi berkekuatan 4,7 pada Skala Richter (SR) di barat Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Senin malam (17/7/2017).

Menurut BMKG, pusat gempa bumi yang terjadi pukul 23.19,06 WIB itu berkedalaman 21 kilometer pada koordinat 5.32 derajat Lintang Selatan (LS), dan 103.37 derajat Bujur Timur (BT).

Pusat gempa berada di laut 61 kilometer barat Krui, Pesisir Barat.

Gempa tersebut dirasakan pada skala II-III di Liwa, Ibu Kota Kabupaten Lampung Barat.

Getaran gempa yang terjadi menjelang tengah malam itu sempat menimbulkan kekagetan warga Kabupaten Pesisir Barat maupun Lampung Barat. Pesisir Barat adalah satu satu kabupaten baru, dari 15 kabupaten/kota di Lampung.

Sejumlah warga di Suoh, Lampung Barat mengaku merasakan getaran gempa itu, sehingga membuat mereka kaget. Apalagi sebagian warga juga telah tidur.

"Getarannya mengagetkan," ujar Ari, salah satu warga di Suoh, Lampung Barat.

Beberapa warga setempat mengaku setelah merasakan getaran, sempat secara spontan hendak lari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Namun, getaran yang dirasakan warga di sana hanya beberapa saat.

Masyarakat Liwa pernah merasakan gempa besar pada 15 Februari 1994 yang mengakibatkan kerusakan parah di akibat gempa berpusat di Sesar Semangko, Samudera Hindia, berkekuatan 6,5 Mercalli.

Saat itu hampir semua bangunan permanen di Liwa ambruk, dan 196 jiwa tewas, serta sekira 2.000 orang terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Penduduk yang kehilangan tempat tinggal hampir mencapai 75.000 kepala keluarga. (*)

Editor: sujarwo
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help