TribunJateng/
Home »

Jawa

Saat Parlemen Uni Eropa Kunjung Masjid Agung Jateng dan Kagumi Pluralisme Indonesia

Kalangan parlemen Uni Eropa, mengagumi dan memuji kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

Saat Parlemen Uni Eropa Kunjung Masjid Agung Jateng dan Kagumi Pluralisme Indonesia
Tribun Jateng/M Nur Huda
Sepuluh tokoh parlemen Uni Eropa saat mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dan berdialog dengan jajaran pengelola MAJT, serta sejumlah tokoh lintas agama Jateng, di Aula MAJT, Rabu (26/7/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG– Kalangan parlemen Uni Eropa, mengagumi dan memuji kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

Indonesia yang masyarakatnya memeluk beragam agama, beragam suku dan budaya, namun bisa hidup berdampingan dengan damai.

Hal itu disampaikan perwakilan tokoh dari sepuluh tokoh parlemen Uni Eropa saat mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dan berdialog dengan jajaran pengelola MAJT, serta sejumlah tokoh lintas agama Jateng, di Aula MAJT, Rabu (26/7).

Salah satu dari tokoh parlemen Uni Eropa, Martin Russel parlemen dari Brithis, mengungkapkan, ia mengaku terkesan dengan masyarakat Indonesia yang mampu mengemas keberagamannya dengan baik.

Negara yang memiliki penduduk muslim terbesar tapi begitu indah dalam menjaga demokrasinya.

“Ini sesuatu yang luar biasa dan masyarakat Eropa perlu belajar banyak tentang pengembangan pluralisme di Indonesia. Kita lihat Myanmar dan India yang jumlah sukunya relatif kecil, tapi kedua Negara ini sering diguncang konflik antaretnis dan agama,” kata Martin dalam dialog.

Kemudian, tokoh parlemen Uni Eropa dari NGO Belanda, Alberto Turkstra, mengungkapkan, di Belanda saat ini warganya 16 persen memeluk protestan, Islam 5 persen, dan 50 persen tidak beragama.

Situasinya, sering terjadi ketegangan karena tak bisa memahami keberadaan agama.

Ia menilai, Belanda perlu belajar tentang masalah pengelolaan keberadaan dan keberagaman agama ke Indonesia.

Meski agama di Indonesia sangat plural, tapi masyarakatnya dapat saling hidup berdampingan.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help