TribunJateng/

Sepatu Tris Bisa Bergetar Jika Pemakai Lewati Jalan Berlubang

Tetapi jangan salah, sepasang alas kaki rancangannya itu memiliki fungsi lain, yang sangat bermanfaat mengatasi keterbatasan tunanetra.

Sepatu Tris Bisa Bergetar Jika Pemakai Lewati Jalan Berlubang
TRIBUN JOGJA/AZKA RAMADHAN
Tris Prayogo dan istrinya, Evi Dwi Hastuti, memperlihatkan sepatu tuna netra hasil karyanya, Rabu (26/7/2017). 

TRIBUNJATENG.COM,MAGELANG - Dilihat sekilas, sepatu hasil karya Tris Prayogo (40), terlihat tidak berbeda dengan sepatu yang dikenakan orang-orang pada umumnya. Tetapi jangan salah, sepasang alas kaki rancangannya itu memiliki fungsi lain, yang sangat bermanfaat mengatasi keterbatasan tunanetra.
---
Tris yang merupakan warga Perum Depkes, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, tidak seorang diri menciptakan benda itu.

Ia dibantu sang istri, Evi Dwi Hastuti (39), serta dua rekannya, Wahyu Hidayat dan Naskan.

Sebelumnya, kepedulian mereka terhadap kondisi sekitar juga sudah lebih dulu dilakukan dengan mewujudkan kampung IT di lingkungannya.

Penciptaan sepatu untuk tunanetra itu berawal dari kegelisahan Tris kala melihat seorang tetangganya mengalami kebutaan secara tiba-tiba dan begitu mendadak.

Padahal, sebelumnya, kondisi matanya sehat, tanpa kekurangan apapun.

Berbekal ilmu semasa kuliah di teknik elektro, Tris dan timnya pun berupaya mewujudkan sebuah alat untuk membantu tetangganya itu.

Tris mengawali upayanya dengan sebuah riset yang cukup panjang, mengingat alat jenis itu sejauh ini masih sangat jarang dijumpai.

Riset diawalinya sejak pertengahan 2014 silam.

Sempat terhenti karena sejumlah kendala, sepatu tunanetra itu kini benar-benar bisa terwujud dan diujicobakan pada awal tahun lalu.

"Bagi saudara-saudara kita yang punya keterbatasan dalam penglihatan, sepatu ini sangat membantu. Misal, saat berjalan kaki dan di depannya ada benda atau lubang dengan jarak sekitar 30-40 sentimeter, sepatu ini akan memunculkan getaran, sehingga pemakainya bisa menghindar," kata Tris, dijumpai di kediamannya, Rabu (26/7).

Halaman
12
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help