TribunJateng/

11 Anak Gimbal Jalani Ritual Pencukuran Rambut, Ada yang Minta Baju Artis!

Bocah-bocah berumur sekitar 4 hingga 7 tahunan itu dikirab terlebih dahulu dengan berjalan kaki mengitari desa sebelum menjalani prosesi ruwatan

11 Anak Gimbal Jalani Ritual Pencukuran Rambut, Ada yang Minta Baju Artis!
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Pencukuran anak gimbal di Telaga Menjer 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - 11 anak gimbal di Kabupaten Wonosobo menjalani ruwatan di telaga Menjer, Garung Wonosobo pada rangkaian Festival Menjer, Sabtu (29/7/2017)

Bocah-bocah berumur sekitar 4 hingga 7 tahunan itu dikirab terlebih dahulu dengan berjalan kaki mengitari desa sebelum menjalani prosesi ruwatan.

Puluhan orang berpakaian prajurit Jawa lengkap dengan senjata mengiringi prosesi kirab. Anak-anak gembel itu tenang di gendongan orang tua masing-masing.

Perjalanan mereka berakhir di panggung yang di tata di sisi telaga. Seorang pemangku adat menyiapkan sesaji dan menyalakan dupa di panggung.

Bibirnya melafalkan matra untuk mengawali ritual. Asap dupa mengebul. Bau wewangian semerbak.

Sebuah kursi bewarna emas ditata paling depan membelakangi panggung.

Satu persatu anak gimbal dipanggil lalu didudukkan di kursi tersebut.

Pemuka adat mulai menyiapkan peralatan cukur berupa sisir dan gunting. Bupati Wonosobo Eko Purnomo mendapat kehormatan untuk mencukur anak gimbal didampingi pemangku adat.

Durasi pencukuran rambut pada masing-masing anak berbeda. Pemotongan rambut paling lama pada bocah yang rambut gimbalnya tumbuh lebat.

Halaman
123
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help