TribunJateng/

Nyam . . Menikmati Kepiting yang Dimasak pakai Bumbu Pedesaan Banyumas? Di Sini Tempatnya!

Dimasak berdasarkan resep pedesaan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Riky meracik bumbu-bumbu Lancak untuk menyajikan kepiting

Nyam . . Menikmati Kepiting yang Dimasak pakai Bumbu Pedesaan Banyumas? Di Sini Tempatnya!
Tribun Jateng/M Syofri
Menu Kepiting Lancak disajikan di Cendana Restaurant Hotel Oak Tree Emerald Semarang, Perumahan Palm Hill Estate, Papandayan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Kamis (20/07/2017). 

TRIBUNJATENG.COM - Beralaskan daun pisang, Kepiting Lancak ala Hotel Oak Tree Emerald Semarang, olahan Chef Riky Ade Saputro (30), sudah tergambar kelezatannya.

Dimasak berdasarkan resep pedesaan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Riky meracik bumbu-bumbu Lancak untuk menyajikan kepiting.

Ada asam kandis yang bertekstur kering dan kemiri sangrai.

Sebelum bumbu masuk ke dalam penggorengan, Riky merendam kepiting selama beberapa menit ke dalam rempah, yang terdiri jeruk nipis, jahe, ketumbar, jeruk limau, dan garam.

"Tujuan dari perendaman yakni untuk menghilangkan bau amis. Setelah direndam, baru digoreng setengah matang, kemudian masuk kE proses penumisan," ungkap pria asli Depok kepada Tribun Jateng, Kamis (21/7).

Minyak goreng terlebih dahulu masuk di sebuah wajan, kemudian bumbu rempah Lancak diceburkan.

Aroma wangi yang menyengat, sebagai pertanda kepiting goreng siap dimasukkan. Sedikit ditambahkan daun bawang, setelah itu tak butuh waktu lama, Riky lalu menyelesaikan proses memasak Kepiting Lancak ini.

Dari hasil kreasinya, masakan ini rasanya dominan gurih dan manis.

"Rasa gurih manisnya unik, karena saya lebih banyak menambahkan kemiri sangrai. Sebenarnya bukan hanya kepiting, aneka biota laut yang bisa dimakan dan ayam pun, tetap bisa diolah dengan bumbu Lancak," ujar chef di Resto Cendana.

Lokasi memasak yang berada di Jalan Palm Hill, Gajahmungkur, Resto Cendana, Hotel Oak Tree Emerald Semarang, juga menawarkan menu kepiting lain.

Yakni Kepiting Empat musim yang memiliki cita rasa Western, Chinese, Japanese, dan Nusantara.

Kedua makanan tersebut dibanderol Rp 75 ribu per ekornya.

Sebagai teman kedua masakan bercangkang ini, Pinus Bar yang berada di lokasi yang sama menawarkan dua jenis minuman, yaitu Red White Juice dan Freedom Mansion, yang dihargai Rp 45 ribu dan 55 ribu. (*)

Penulis: faisal affan
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help