TribunJateng/

Partono Belum Berani Menggratiskan Tiket Masuk Museum dan Cagar Budaya di Kabupaten Semarang

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Partono mengatakan pihaknya telah menerima surat dari pemerintah pusat

Partono Belum Berani Menggratiskan Tiket Masuk Museum dan Cagar Budaya di Kabupaten Semarang
Tribun Jateng/Daniel Ari Purnomo
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Partono memberikan keterangan saat ditemui Tribunjateng.com di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Rabu (11/1/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Partono mengatakan pihaknya telah menerima surat dari pemerintah pusat.

Surat tersebut terkait dengan menggratiskan tiket masuk untuk museum dan cagar budaya yang dikelola pemerintah pusat hingga daerah selama bulan Agustus.

"Saya sudah menerima surat tersebut dan masih akan komunikasikan dengan Pak Bupati (Bupati Semarang, Mundjirin) dan Pak Sekda (Gunawan Wibisono)," kata Partono, Jumat (4/8/2017).

Partono menjelaskan pihaknya belum berani untuk menggratiskan museum dan cagar budaya yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang.

Di Kabupaten Semarang, museum dan cagar budaya yang dikelola oleh Pemkab yakni Museum Palagan Ambarawa dan Candi Gedungsongo.

Menurutnya, dia akan berkoordinasi dengan kepala daerah terlebih dahulu karena kedua tempat tersebut menjadi tempat utama bagi Dinas Pariwisata untuk memperoleh pendapatan asli daerah (PAD).

"Kami akan koordinasikan dahulu. Soalnya ini menyangkut PAD. Jika, target PAD-nya tidak tercapai bagaimana," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengeluarkan surat edaran supaya museum dan cagar budaya milik Kemendikbud digratiskan selama bulan Agustus.

Mendikbud menyebut ada 300 museum dan cagar budaya yang berada dibawah Kemendikbud dan dikelola oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kota/kabupaten termasuk dua tempat di Kabupaten Semarang tersebut. (*)

Penulis: suharno
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help