TribunJateng/

Setelah Protes ke Dirjen Dukcapil, Ribuan Warga Ahmadiyah Kuningan Akhirnya Dapat e-KTP

Ribuan warga Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) di Desa Manislor, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, diyakinkan akan memiliki KTP elektronik atau e-KTP.

Setelah Protes ke Dirjen Dukcapil, Ribuan Warga Ahmadiyah Kuningan Akhirnya Dapat e-KTP
KOMPAS.com/Kristian Erdianto
Belasan warga Jemaah Ahmadiyah Indonesia dari Desa Manislor, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengadu ke kantor Ombudsman RI karena tak kunjung menerima e-KTP, Senin (24/7/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Ribuan warga Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) di Desa Manislor, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, diyakinkan akan memiliki KTP elektronik atau e-KTP.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan, pada 3 Agustus 2017 lalu dirinya telah bertemu pihak Pemkab Kuningan.

Dalam pertemuan tersebut, pemkab menyatakan bersedia mencetak e-KTP warga Ahmadiyah, paling lambat 14 hari sejak pertemuan.

"Saya, sebagai Dirjen Dukcapil mengunjungi Kabupaten Kuningan untuk musyawarah dengan Bupati, Dandim, MUI, FKUB, Disdukcapil dan Kesbangpol. Dalam musyawarah tersebut, Kabupaten Kuningan sudah bersedia mencetak semua e-KTP anggota jemaah Ahmadiyah dalam waktu paling lambat 14 hari," ujar Zudan kepada Kompas.com, Jumat (4/8/2017).

Baca: Tuntut Penerbitan E-KTP, Warga Ahmadiyah Kuningan Datangi Dirjen Dukcapil Kemendagri

Menurut Zudan, per 3 Agustus 2017, pemkab telah mencetak sebanyak 307 e-KTP warga Ahmadiyah dan sudah dibagikan.

Pertemuan dengan perwakilan warga Ahmadiyah pun sudah dilakukan.

"Saya bertemu beberapa anggota JAI di Manislor. Pak Dudung, Pak Mustofa, dan juga menemui Pak Kuwu. Informasi yang saya peroleh, sudah sekitar 307 e-KTP dibagi ke warga. Saya sudah menyaksikan warga Manislor mendapatkannya," tuturnya.

Selain itu, Zudan juga menjelaskan, penyelesaian pencetakan e-KTP bagi Warga Ahmadiyah di Kabupaten Kuningan tetap menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Kuningan.

Sampai saat ini, kata Zudan, pencetakannya sudah berproses. Dengan demikian, pelaksanaan pencetakan e-KTP bagi warga Ahmadiyah tidak akan dilakukan di pusat dan tetap akan diselesaikan pencetakannya di Dinas Dukcapil Kabupaten Kuningan.

Halaman
12
Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help