TribunJateng/

Wow, Kerang Bisa Jadi Lampion hingga Bros di Dukuh Kajongan Tegal

Salah satunya terletak di Dukuh Kajongan Keluraham Muarareja Kota Tegal tepatnya di RT 5 RW 3 yakni Zaky Collection.

Wow, Kerang Bisa Jadi Lampion hingga Bros di Dukuh Kajongan Tegal
ISTIMEWA
Dukuh Kajongan Keluraham Muarareja Kota Tegal tepatnya di RT 5 RW 3 punya Kerajinan Khas dari Kerang yakni di Zaky Collection. 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL – Hasil kerajinan dari bahan kerang sangat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dari segi pendapatan masyarakat.

Salah satunya terletak di Dukuh Kajongan Kelurahan Muarareja Kota Tegal tepatnya di RT 5 RW 3 yakni Zaky Collection.

Dari hasil kerajinan kerang mampu menghasilkan Lampion, Vas Hias, Kalung, Liontin, Asbak, Bros dan beberapa perabot lain.

Kerajinan tersebut menjadi hasil khas Dukuh Kajongan.

Baca: Pemkot Tegal Cek Abrasi di Pantai Muarareja, Hasilnya Seperti Ini

Beberapa prestasipun pernah diraih oleh kelompok tersebut, di antaranya peraih juara 3 dalam lomba Kreanova 2017 dan Harapan 2 dalam Lomba IKM Kota Tegal 2017.

Kerajinan tersebut pun pernah merambah pameran di kota-kota besar.

Dalam kesempatannya, salah seorang perajin mengungkapkan bahwa keberadaan kerajinan kerang di Dukuh Kajongan sudah ada sejak awal 2016 bersama warga Kajongan memproduksi kerajinan kerang.

Baca: Wow, Sembilan Desa di Batang Ini Punya Ambulans Sendiri

‘’Kami mengikuti pelatihan, membentuk kelompok dan memproduksi kerajinan kerang yang akhirnya sekarang kami berusaha untuk mengembangkan produk kami dan memasarkannya’’, papar Yuli.

Sedangkan Sahilah, yang juga selaku perajin menuturkan kecintaannya terhadap kerajinan kerang dan terus mengembangkan motif.

Baca: Begini Cara Supaya Make Up Tahan Lama Tanpa Foundation

‘’Pas sekali bagi saya, untuk kegiatan di sela kesenggangan sehari-hari, dengan membuat kerajinan saya mampu memahami ketelitian motif dan juga sekaligus untuk mengenalkan produk khas dari Dukuh Kajongan sehingga mampu dikenal di masyarkat luas,’’ ungkap Sakilah.

Para pengrajin juga berharap adanya keinginan untuk memiliki tempat khusus produksi dan tempat pamer produk-produknya. (tribunjateng/S.Mu’min/Wartabahari.com)

Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help