TribunJateng/

Ototrend

Buatlah Interior Mobil Nyaman dan Elegan, Begini Tips Merawat Cover Jok Kulit Awet

Buatlah Interior Mobil Nyaman dan Elegan, Begini Tips Merawat Jok Kulit Biar Awet dan tetap mengkilap

Buatlah Interior Mobil Nyaman dan Elegan, Begini Tips Merawat Cover Jok Kulit Awet
TRIBUNJATENG/M SOFRI KURNIAWAN
COVER JOK - Karyawan menggarap jok pesanan pelanggan di bengkel jok Simoeh Car Leather, Jalan Siliwangi 428A, Kota Semarang, Senin (31/07/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tak jarang para pemilik mobil menginginkan penampilan yang berbeda pada tungganganya. Tak hanya bagian luar, bagian dalam mobil pun menjadi perhatian untuk memperindah penampilan mobilnya.

Seperti yang dilakukan Septian Oloan Sihombing (23), yang sudah merombak cover jok mobil Innova tahun 2005 sejak Desember tahun lalu. Pemuda yang masih belum lama lulus dari perguruan tinggi swasta Unika Sogijapranata Semarang ini, memiliki misi mengapa ia rela mengganti cover jok pada mobilnya.

"Rencananya September nanti mau saya konteskan mobil saya ini. Penilaian untuk bisa menjadi juara dalam kontes, pastinya kreatifitas modifikasi pada bagian luar dan dalam mobil," jelas pria yang tergabung dalam komunitas IC Semawis ini, kepada Tribun Jateng, Minggu (30/7).

Karyawan menggarap jok pesanan pelanggan di bengkel jok Simoeh Car Leather
Karyawan menggarap jok pesanan pelanggan di bengkel jok Simoeh Car Leather (TRIBUNJATENG/M SOFRI KURNIAWAN)

Dari ujung depan hingga pada bagian jok belakang mobil, pria yang biasa disapa Olan ini memilih Gallardo sebagai cover jok pilihannya. Walau dikatakan harganya setara dengan kelas premium MB Tech, namun warna dan coraknya nampak elegan dan sesuai dengan seleranya. Tekstur kulit jok bertipe Nero yang berwarna coklat gelap ini, dikerjakan hanya dalam waktu satu hari, di bengkel Simoeh Car Leather.

"Sebenarnya dalam memilih tempat untuk mengganti kulit joknya, ya karena rekomendasi dari abang (kakak) yang sebelumnya pernah ke sana. Namun, setelah saya coba ternyata benar apa kata abang, pemasangannya rapi dan hasilnya memuaskan," ujar pria asli Medan ini.

Menurut Olan, kulit jok yang sekarang digunakannya ini tidak mengupas kulit jok asli bawaan mobil. Sehingga, nanti saat Olan ingin menjual mobil ini, ia tinggal mengupas kulit jok kustomnya saja, dan jok aslinya masih terlihat baru. Warna coklat tua yang dipilihnya, juga sebagai kamuflase supaya tidak mudah terlihat kotor. Setelah digunakannya selama beberapa bulan, Olan merasa kulit jok yang sudah digantinya ini terasa lebih dingin dan pas saat digunakan. "Rasanya enak saat digunakan, adem dan nyaman. Warna cokelat juga membuat tampilannya tidak mudah kotor," kata Olan.

Sementara di lokasi lain, Reynaldo Handoko pemilik BJM Jok Mobil mengatakan, mengganti kulit jok menjadi lebih mudah dalam membersihkannya. Sebab, bahan kulit jok kustom dibuat menggunakan bahan sintetis, dibandingkan jok orisinil yang masih menggunakan sedikit bahan kain. Bahan yang dikatakan Handoko bisa menyerap kotoran-kotoran yang menempel pada jok mobil. "Selain mudah dibersihkan, jok kustom memiliki aneka warna dan tekstur yang berbeda-beda. Sehingga konsumen bisa memilih sesuai selera mereka," katanya.

Jok merek MB Tech saat ini masih mendominasi konsumen yang ada di Kota Semarang. Menurut Handoko, merek tersebut sudah ternama di Indonesia sejak lama dan kualitas kulit jok yang tidak diragukan kemampuannya. Dari segi warna, hitam merupakan warna yang paling banyak digunakan. Untuk kelas premium, MB Tech memiliki tipe Carrera yang bahannya lebih tebal.

"Carrera ini bahannya paling tebal dan lebih presisi jika dipasang pada jok mobil. Kualitasnya juga lebih awet, serta tidak mudah terlihat berminyak. Jika bahan jok yang tipis dan murah-murah, biasanya cepat terlihat glosy dan mudah retak-retak," tutupnya.

Tips Merawat Jok Kulit Biar Awet

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help