TribunJateng/

Tulungagung Kekurangan 300 Lebih Personel Polisi

Polres Tulungagung, Jatim, masih kekurangan sekitar 300 lebih personel polisi akibat tingginya angka pensiun yang tidak berimbang dengan penambahan.

Tulungagung Kekurangan 300 Lebih Personel Polisi
TRIBUN JATENG/RAHDYAN TRIJOKO P
Irjen Rycko Amelza Dahniel resmi menjabat Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol). Irjen Rycko Amelza Dahniel (kanan) dan Irjen Anas Yusuf dalam upacara sertijab di lapangan Bhayangkara kompleks Akpol, Semarang, Senin (13/6/2017). 

TRIBUNJATENG.COM - Polres Tulungagung, Jawa Timur, masih kekurangan sekitar 300 lebih personel polisi akibat tingginya angka pensiun yang tidak berimbang dengan penambahan anggota baru hasil rekrutmen setiap tahunnya.

Kabag Sumber Daya Polres Tulungagung Kompol Darmono di Tulungagung, Selasa (8/8/2017), mengungkapkan bahwa jumlah ideal personel polisi di Polres Tulungagung seharusnya adalah 1.430 orang.

"Itu angka idealnya, tapi selama ini angka itu belum bisa terpenuhi karena beberapa faktor, salah satunya angka pensiunan anggota kami yang cukup besar setiap tahunnya," kata Darmono.

Saat ini, kata dia, jumlah personel polisi di bawah naungan Polres Tulungagung tercatat sebanyak 1.096 orang.

Sebelumnya ada empat anggota Polres Tulungagung yang direkrut Densus 88 Mabes Polri. Satu orang lainnya meninggal dunia.

Jumlah itu masih akan menyusut lagi karena pada kurun 2017 tercatat ada 47 anggota Polres Tulungagung yang memasuki masa pensiun.

"Tahun 2016 kemarin ada 49 polisi yang pensiun," ujarnya.

Darmono mengaku belum tahu berapa personel baru hasil rekrutmen tamtama-bintara tahun angkatan 2017 yang akan ditempatkan di Polres Tulungagung.

Namun, jika mengacu pengurangan kuota penerimaan anggota Polri secara nasional, termasuk di lingkup Polda Jatim, Darmono memperkirakan penambahan anggota polisi baru tidak akan banyak.

"Tahun ini pendaftar asal Tulungagung yang diterima menjadi anggota polri ada 24 orang, secara kuantitas menurun dibanding tahun lalu yang mencapai 57 pendaftar dinyatakan lulus," ujarnya.

Halaman
12
Editor: sujarwo
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help