TribunJateng/

Dilarikan ke Rumah Sakit Karena Lemas dan Kaki Bengkak, Ini Sakit yang Diderita Abu Bakar Ba'asyir

Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir dilarikan ke RS Harapan Kita, Rabu (9/8/2017). Hasil pemeriksaan, Ba'asyir mengalami gangguan jantung.

Dilarikan ke Rumah Sakit Karena Lemas dan Kaki Bengkak, Ini Sakit yang Diderita Abu Bakar Ba'asyir
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Terdakwa kasus terorisme Abu Bakar Baasyir menjalani persidangan dengan agenda pemeriksaan saksi, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (24/3/2011). Ba'asyir didakwa terlibat dalam pelatihan terosis di Aceh dan beberapa aksi terorisme di tanah air. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir dilarikan ke Rumah Sakit Harapan Kita, Rabu (9/8/2017). Tim medis yang ditunjuk keluarga menyampaikan, terdapat beberapa catatan terkait kondisi kesehatan Ba'asyir berdasar hasil medical check up (MCU).

"Data pasien tentu tidak boleh dibuka. Tetapi, karena Ustaz Ba'asyir ini milik publik, saya minta izin ke keluarga. Dan kami juga menghadirkan anak beliau di sini," kata pimpinan Tim Medis Ba'asyir, dr Jose Rizal dalam konferensi pers, Sabtu (12/8/2017).

"Hasil pemeriksaan secara umum sehat, tetapi ada beberapa catatan," tambah Jose.

Dia menjelaskan, sejumlah pemeriksaan dilakukan terhadap Ba'asyir karena terjadi pembengkakan pada bagian kaki.

Jose mengatakan, pembengkakan pada bagian kaki kemungkinan dikarenakan gangguan pada jantung, ginjal, hati, ataupun aliran balik pembuluh darah.

"Semua kami eksplorasi," dia melanjutkan.

(Baca: Ada Shower dan Tempat Minum Teh, Begini Kondisi Ruangan Abu Bakar Baasyir di Gunung Sindur)

Dari hasil pemeriksaan pembuluh darah ditemukan problem vena dalam Ba'asyir tidak terlalu kuat untuk memompa darah ke bagian tubuh atas.

"Tidak ditemukan sumbatan, flow arteri utama bagus. Problemnya di vena dalam. Gangguan katup ini yang menyebabkan kaki bengkak," kata Jose.

Sedangkan dari hasil pemeriksaan jantung, terdapat sedikit problem pada pembesaran jantung bilik kiri. Selain itu, pemeriksaan pembuluh darah jantung menunjukkan adanya penyumbatan kalsium.

Halaman
12
Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help