TribunJateng/

Penasaran Bentuk Hewan Ini? Kebumen Pamerkan Ratusan Sidat di Jateng Fair 2017

Berbeda dengan stan milik pemerintah daerah lainnya, terdapat akuarium berisi air dan terdapat ratusan ekor binatang di dalamnya

Penasaran Bentuk Hewan Ini? Kebumen Pamerkan Ratusan Sidat di Jateng Fair 2017
Tribun Jateng/Raka F Pujangga
Kebumen Pamerkan Ratusan Sidat di Jateng Fair 2017 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Raka F Pujangga

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  Jangan takut saat melintas ke stan pameran milik Pemerintah Kabupaten Kebumen, di Jateng Fair 2017, area PRPP Semarang.

Karena berbeda dengan stan milik pemerintah daerah lainnya, terdapat akuarium berisi air dan terdapat ratusan ekor binatang di dalamnya.

Terlintas bentuknya menyerupai ular, tapi sebenarnya binatang itu masuk dalam keluarga ikan yang memiliki tubuh panjang yakni sidat.

Berbeda dengan belut, sidat memiliki sirip yang berada di bagian samping kanan dan kiri tubuhnya.

Pembudidaya sidat Kebumen, Madep Hariyadi (37) mengatakan, ikut serta dalam pameran tersebut karena sidat kini sudah menjadi hasil perikanan yang menggiurkan bagi masyarakat di sana.

Sidat yang sudah memenuhi kriteria, bisa masuk ke pasar ekspor di Jepang dan Korea Selatan.

"Satu kilogramnya, berisi sekitar 3-4 ekor sidat. Kalau lebih dari itu terlalu kecil mereka menolak, jika ukurannya besar juga ditolak," jelas dia.

Menurutnya, satu kilogram sidat dibanderol sekitar Rp 180 ribu per kilogramnya. Padahal dalam sekali pengiriman ekspor sedikitnya 1,5 ton.

Itu berarti, dalam sekali pengapalan sebesar Rp 270 juta masuk ke Kebumen dari hasil penjualan sidat saja.

"Pengiriman ekspornya memang tidak tentu, bisa sebulan atau dua bulan sekali. Tapi sekarang kami sudah mampu memenuhi kebutuhan sidat untuk pasar lokal dan mancanegara," jelas staf Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Kebumen.

Dalam kegiatan Jateng Fair 2017 tersebut, Madep ingin mengenalkan sidat kepada masyarakat karena memiliki kandungan protein tinggi. (*)

Penulis: raka f pujangga
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help