TribunJateng/
Home »

Bisnis

» Makro

Begini Ramalan Analis Tentang Masa Depan Rokok Kretek

Tahun 2016 Sigaret Kretek Tangan (SKT) hanya menyumbang 10 persen dari penerimaan cukai. Hal ini diprediksi akan tetap berlangsung pada 2017.

Begini Ramalan Analis Tentang Masa Depan Rokok Kretek
tribun jateng/mamdukh adi priyanto
Beragam rokok kretek koleksi Museum Kretek Kudus 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Tahun 2016 Sigaret Kretek Tangan (SKT) hanya menyumbang 10 persen dari penerimaan cukai. Hal ini diprediksi akan tetap berlangsung pada 2017.

Analis NH Korindo Securities, Joni Wintarja, mengatakan, dari sisi tren, saat ini, SKT sedang mengalami penurunan market share. Jika mengikuti tren yang sedang berlangsung, akan terus terjadi penurunan terhadap market share SKT.

“Jika mengikuti tren market yang masih ada, semestinya masih terus lanjut penurunan market share,” kata Joni, Minggu (13/8/2017).

Selain itu, Joni menduga, penerimaan Cukai dari SKT bisa lebih rendah karena disebabkan nilai Cukai SKT yang lebih kecil dibandingkan Sigaret Kretek Mesin (SKM).

Reza Priambada, analis Bina Artha Parama Sekuritas juga mengatakan, SKT masih memiliki pangsa pasar, terutama untuk merek tertentu. Sedangkan mengenai produksi, produsen cenderung melihat minat konsumen untuk menyesuaikan volume produksi.

Reza merasa, pasar SKT mengalami kekalahan dalam inovasi jika dibandingkan produk SKM. “Melalui SKM dengan produk favoritnya mild, membuat permintaan akan produk SKT berkurang,” ujar Reza. Minggu (11/8).

Tidak hanya itu, Reza dan Joni sama-sama sepakat mengenai perubahan selera konsumen yang cenderung menyukai rokok yang memiliki rasa lebih soft dan varian rasa, serta lebih menyukai rokok yang dilinting secara rapih. Hal ini menjadi satu faktor juga, mengapa SKT menjadi kurang diminati saat ini.

Meskipun terjadi penurunan, kondisi ini dirasa Joni tidak akan memberikan pengaruh kepada pengurangan jumlah tenaga kerja SKT. “Mestinya tidak ada pengurangan,” kata Joni. (Kontan.co.id)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id, Minggu (13/8/2017), dengan judul: Ini ramalan analis soal masa depan rokok kretek

Editor: rika irawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help