TribunJateng/

Rak Buku Replika Garuda Pancasila Buatan BEM Undip Raih Rekor Muri

Rak Buku Replika Garuda Pancasila Buatan BEM Undip Raih Rekor Muri. Universitas Diponegoro Semarang (Undip) mencatatkan rekor ke 17 di Museum Rekor

Rak Buku Replika Garuda Pancasila Buatan BEM Undip Raih Rekor Muri
TRIBUNJATENG/ALEXANDER
PANCASILA - Rektor Undip Prof Yos Johan Utama menerima penghargaan dari Muri mengenai Rak buku terbuat dari Replika Burung Garuda Pancasila di Stadion Diponegoro. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alexander Devanda Wisnu P

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Diponegoro Semarang (Undip) mencatatkan rekor ke 17 di Museum Rekor Indonesia.

Catatan tersebut ditorehkan berkat rak buku yang terbuat dari replika Garuda Pancasila setinggi 6,7 meter.

Rak buku yang berbentuk burung Garuda Pancasila diprakarsai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Diponegoro (BEM-KM Undip). Selama kurang lebih satu bulan BEM-KM merancang replika tersebut.

Replika burung Garuda Pancasila yang dibelakangnya terdapat rak buku dapat menampung kurang kebih 1.000 buku dengan ukuran kecil hingga sedang.

Sri Widayadi executive manager Muri memberikan secara simbolik kepada Undip sebagai penyelenggara dan BEM-KM Undip pemrakarsa rak buku replika Garuda Pancasila.

Jadug Trimulyo yang merupakan presiden BEM-KM Undip mengatakan BEM-KM ingin menceritakan kepada mahasiswa baru Undip mengenai sejarah berdirinya Pancasila. Menurutnya Undip menjadi kampus Pancasila.

"Kami ingin memberitahu kepada mahasiswa baru ingat terhadap perjuangan yang digagas oleh pedahulu-pedahulu bangsa Indonesia" ujar Jadug Trimulyo, Minggu 13 Agustus 2017.

Ia menambahkan mengambil Garuda Pancasila sebagai monumen karena ingin mengingatkan kepada masyarakat bahwa bangsa Indonesia disatukan oleh Pancasila.

"Kami mengambil Pancasila sebagai monumen bukan asal ambil kami melihat isu banyaknya perpecahan dan permusuhan. Di sini kami mengingatkan monumen ini lambang persatuan bangsa Indonesia," tambahnya.

Sebelumnya Undip telah 16 kali mendapatkan rekor Muri satu diantaranya yaitu mengadakan perkuliahan di dalam laut pertama di Indonesia pada tahun 2010.

Terkait anugerah Rekor Muri atas prakara Rak Buku Garuda Pancasila ini, Rektor Undip Prof Yos Johan Utama mengatakan, Replika Garuda Pancasila menjadi simbol persatuan Indonesia dan rak buku nantinya akan mengumpulkan buku-buku untuk disumbangkan ke daerah-daerah.

"Kami ambil Pancasila karena di situ menjadi persatuan. Rak buku nantinya akan digunakan untuk mengumpulkan buku-buku tulis dan akan kami sumbangkan ke sekolah di daerah yang membutuhkan buku-buku," tutur Rektor Undip. (*)

Penulis: Alexander Devanda Wisnu P
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help