TribunJateng/

Banyak Wisatawan Tunda Kedatangannya ke Dieng. Ini Penyebabnya

Pihaknya telah menyosialisasikan penutupan jalur utama ke Dieng via Wonosobo sekaligus memberikan pilihan jalur alternatif kepada wisatawan.

Banyak Wisatawan Tunda Kedatangannya ke Dieng. Ini Penyebabnya
Tribun Jateng/A Prianggoro
Wisatawan terlihat ramai mendatangi Kawah Sikidang di Kawasan Wisata Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (6/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA-Sektor pariwisata Dieng terpukul menyusul penutupan jalur utama Dieng via Kejajar Wonosobo sejak 10 Agustus lalu.

Ketua Pokdarwis Pandawa Dieng Alief Fauzi mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Dieng menurun sejak jalur itu ditutup untuk umum.
Tingkat kunjungan wisatawan menurun hingga 75 persen di banding kondisi normal.

"Tetap ada pengaruhnya penutupan itu dengan kunjungan wisatawan di Dieng,"katanya, Rabu (16/8/2017)

Alief mengatakan, sejumlah wisatawan bahkan sempat membatalkan pemesanan untuk menginap di homestay dan berkunjung ke objek wisata Dieng karena penutupan jalur utama itu.

Sebagian lainnya memilih memundurkan jadwal kunjungannya ke Dieng sampai jalur utama itu kembali dibuka untuk kendaraan umum.

Wisatawan yang biasa menggunakan jalur utama via Wonosobo dibuat repot ketika hendak ke Dieng. Sejumlah wisatawan dari Yogyakarta misalnya, harus memutar melewati Banjarnegara-Batur untuk sampai ke Dieng dengan jarak tempuh kurang lebih 2,5 jam dari Wonosobo.

Wisatawan tetap bisa menggunakan jalur utama via Wonosobo menuju Dieng dengan syarat, kendaraan pribadi atau angkutan umum wajib transit di Gardu Pandang sebelum area proyek pemeliharaan jalan di Desa Tieng Kejajar.

Pemerintah telah menyediakan kantong parkir di lokasi itu bagi masyarakat umum atau wisatawan yang akan menuju ke Dieng.

Selanjutnya, mereka harus berpindah ke angkutan umum atau ojek di seberang lokasi proyek untuk mengantarkan mereka menuju Dieng.

Halaman
123
Penulis: khoirul muzaki
Editor: a prianggoro
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help