Fraksi Demokrat Tolak Kenaikan Gaji Anggota DPRD Brebes karena . . .

Gaji pokok anggota DPRD Brebes direncakanakan naik pada tahun anggaran 2017 ini. Fraksi Demokrat Tolak Kenaikan Gaji Anggota DPRD Brebes karena . . .

Fraksi Demokrat Tolak Kenaikan Gaji Anggota DPRD Brebes karena . . .
tribunjateng/dok
ILUSTRASI uang rupiah 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Gaji pokok anggota DPRD Brebes direncakanakan naik pada tahun anggaran 2017 ini.

Kenaikan itu menyusul ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) Inisiatif tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Brebes beberapa waktu lalu.

Meskipun demikian, Fraksi Partai Demokrat menilai kenaikan itu tidak etis melihat kondisi beberapa waktu terakhir ini di Brebes.

"Rasanya tidak etis jika saat ini dinaikkan. Melihat beberapa waktu terakhir ini geger pelayanan kesehatan untuk pemegang Jamkesda yang merupakan warga miskin dihentikan di RSUD Brebes," kata anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat, Heri Fitriansyah, Rabu (16/8/2017).

Menurutnya, meskipun saat ini pemegang Jamkesda sudah mendapatkan lagi pelayanan kesehatan, namun tetap saja kenaikan gaji wakil rakyat untuk saat ini kurang etis diberlakukan.

Heri mengatakan pemegang Jamkesda merupakan masyarakat pengguna Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Penghentian pelayanan kesehatan bagi pemegang Jamkesda lantaran Pemkab Brebes menunggak klaim kepada RSUD Brebes. Anggaran Pemkab Brebes untuk pemegang Jamkesda membengkak hingga tiga kali lipat.

"Kenaikan gaji DPRD pada tahun anggaran 2017 ini sah- sah saja. Dengan catatan, persoalan Jamkesda bagi warga miskin harus dibereskan Pemkab Brebes. Terutama tunggakan klaim pembayar yang mencapai Rp 5,5 miliar," tegasnya.

Fraksi Demokrat, kata dia, sudah mengadakan rapat internal dan memutuskan menolak atau tidak setuju dengan adanya kenaikan gaji DPRD tahun ini.

Di sisi lain, pihaknya meminta Pemkab Brebes untuk terlebih dahulu menyelesaikan tunggakan dana Jamkesda. Jika sudah dilakukan, kenaikan gaji bisa diterima.

Rencananya, selain gaji pokok anggota DPRD Brebes yang akan mengalami kenaikan, anggota DPRD juga akan mendapatkan tunjangan transportasi.

Namun demikian, nominal besarnya kenaikan gaji pokok itu belum ditentutan, karena masih harus melalui proses pembahasan lebih lanjut dengan Peraturan Bupati (Perbup).

"Nominalnya belum karena harus melalui proses pembahasan terlebih dahulu antara bupati dengan gubernur. Tunjangan transportasi diberikan lantaran ada anggota (dewan) yang tidak mendapatkan fasilitas mobil dinas," kata Ketua DPRD Brebes, Illia Amin. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved