Pemkab Semarang Belum Setujui Usulan Penghasilan Tetap Bagi Kepala Desa

epala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang, Yoseph Bambang Trihardjono masih akan mempelajari terkait penghasilan

Pemkab Semarang Belum Setujui Usulan Penghasilan Tetap Bagi Kepala Desa
tribunjateng/m sofri/dok
ILUSTRASI itung uang rupiah 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang, Yoseph Bambang Trihardjono masih akan mempelajari terkait penghasilan tetap (Siltap) dan tunjangan bagi kepala dan perangkat desa.

Yoseph memaparkan Siltap dan tunjangan operasional Kades dan perangkat desa tidak boleh lebih dari perhitungan dana perimbangan daerah atau harus kurang dari 30 persen.

"Kalau Siltap yang diinginkan Kades sesuai UMK (upah minimum kabupaten) maupun perhitungan yang mereka inginkan, maka kami perlu mengetahui jumlah perhitungan dan dana perimbangan serta ADD (Alokasi Dana Desa) tahun 2018. Artinya saat ini (Siltap Kades) belum bisa ditentukan," katanya, Minggu (20/8/2017).

Seperti diberitakan sebelumnya, paguyuban kepala desa di Kabupaten Semarang atau yang dinamakan Hamong Projo melakukan audiensi dengan DPRD Kabupaten Semarang, pekan lalu.

Pada audiensi tersebut, Hamong Projo mengusulkan untuk Siltap perangkat desa yakni serupa UMK, Siltap untuk Kades dua kali Siltap perangkat desa dan Siltap Sekretaris Desa yakni 70 persen dari Siltap Kades.

Selain itu, audiensi yang dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Semarang ini juga membahas terkait pelaksanaan Pemilihan Kades (Pilkades) tahap II yang dilaksanakan tahun 2018 dan tahap III tahun 2019.

Terkait Pilkades, Yoseph ingin pesta demokrasi di desa tersebut tidak berbarengan dengan pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah tahun 2018 dan pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019.

"Semua usulan Kades akan kami koordinasikan kembali, dan akan kami sampaikan kepada Pak Bupati termasuk pelaksanaan Pilkades yang diharapakan tidak bersamaan dengan Pilkada, Pileg dan Pilpres," tandasnya. (*)

Penulis: suharno
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help