TribunJateng/

Hasil Survey, Rizieq Shihab dan Bachtiar Nasir Idola Anggota Rohis di Jateng dan DIY

Sebuah survei terhadap siswa SMA di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengungkap, Rizieq Shihab ternyata lebih diidolakan daripada Lukman Hakim.

Hasil Survey, Rizieq Shihab dan Bachtiar Nasir Idola Anggota Rohis di Jateng dan DIY
VOA/Nurhadi Sucahyo
Sosialisasi Mewaspadai Gerakan Radikal di UIN Walisongo Semarang oleh FKPT Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENG.COM - Sebuah survei yang dilakukan terhadap siswa SMA di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengungkap fakta menarik. Rizieq Shihab ternyata lebih dikenal dan diidolakan daripada M Quraish Shihab, bahkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Mengapa bisa terjadi?

Anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Mahfud MD mengungkapkan keprihatinan soal radikalisme anak muda. Dalam Diskusi Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta Senin (21/8/2017), dia menyebut, tokoh radikal kini banyak diidolakan.

"Seperti banyak survei, anak muda idolanya adalah kaum radikalis. Ada penelitian di sekolah-sekolah, di daerah tertentu. Ditanyakan, siapa idola Anda? Ada Soekarno, Gusdur, tetapi yang paling atas tokoh-tokoh seperti Abu Bakar Baasyir dan Rizieq Shihab," kata Mahfud.

Karena itulah, lanjut Mahfud, pemerintah ingin mengembalikan pendidikan Pancasila ke sekolah untuk melawan serangan paham radikal.

Mahfud tentu tidak salah kutip. Sejumlah penelitian memang menunjukkan naiknya tren radikalisme di kalangan anak muda.

(Baca: Kenakan Pita Merah Putih di Peci, Ribuan Santri di Kabupaten Semarang Deklarasi Antiradikalisme)

Misalnya, penelitian yang dilakukan Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, Semarang, yang berada di bawah Kementerian Agama RI. Penelitian bertema Transmisi Nilai-nilai Keagamaan Melalui Organisasi Rohis ini dilakukan di 17 SMA Negeri di 9 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DIY.

Sebanyak 27 peneliti dan sejumlah perguruan tinggi terlibat, dengan menjadikan kegiatan Rohis atau Kerohanian Islam sebagai salah satu fokus penelitian.

Dr Aji Sofanudin, MSi, salah satu anggota tim peneliti menyatakan, sejumlah siswa SMA Negeri setuju mengubah dasar negara Pancasila, memilih pemimpin berdasarkan kesamaan agama, serta pemisahan antara siswa laki-laki dan perempuan dalam kegiatan keagamaan.

Penelitian yang dilakukan selama Februari hingga Maret 2017 ini juga berisi pertanyaan mengenai tokoh idola para siswa. Tokoh yang namanya paling banyak disebut, masuk dalam kategori tinggi, di antaranya adalah Rizieq Shihab dan Bachtiar Nasir.

Halaman
123
Editor: rika irawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help