TribunJateng/

UPT Museum Solo Lakukan Konservasi Sejumlah Koleksi Museum Radya Pustaka

koleksi ini juga akan dipamerkan di acara Museum Goes to Campus (MGtC) pada 4-7 September di Gedung Perpustakaan UNS Solo

UPT Museum Solo Lakukan Konservasi Sejumlah Koleksi Museum Radya Pustaka
Tribun jateng/akbar hari mukti
Bangkit Supriyadi, staf teknis Museum Radya Pustaka Solo sedang membersihkan koleksi museum berbahan dasar kayu, Sabtu (2/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Solo, lakukan konservasi kepada sejumlah koleksi museum Radya Pustaka, Solo, Sabtu (2/9/2017).

Perawatan sejumlah koleksi berbahan kayu, dilakukan di halaman belakang museum tersebut.

Staf Teknis Museum Radya Pustaka, Bangkit Supriyadi mengatakan, konservasi dilakukan, di antaranya untuk mencegah kutu dan ngengat hidup dan merusak koleksi tersebut.

“Selain itu, juga untuk memunculkan warna asli dari koleksi tersebut,” katanya.

Bangkit mengatakan, perawatan sejumlah koleksi tersebut dilakukan dengan mengoleskan cairan tembakau dan pelepah pisang.

Cairan itu, ujarnya, terbukti ampuh untuk mengawetkan koleksi museum berbahan kayu itu.

“Koleksi yang kita konservasi ada dua, yakni Pendapa Joglo biasa dan Pendapa Joglo Tumpangsari.

Selain untuk perawatan, koleksi ini juga akan dipamerkan di acara Museum Goes to Campus (MGtC) pada 4-7 September di Gedung Perpustakaan UNS Solo,” ujarnya.

Kepala UPT Museum, Bambang M Budi Santoso mengatakan, ada total 4 koleksi dari Museum Radya Pustaka yang akan dipamerkan di MGtC.

"Masih akan kita pilah-pilah yang mana yang akan dipamerkan. Selain empat koleksi dari Museum Radya Puataka, juga ada delapan koleksi Museum Keris Solo yang akan turut kita pamerkan," jelas Bambang.

Ia berharap, pameran itu bisa disaksikan oleh mahasiswa arsitektur, sehingga bisa menambah khasanah pengetahuan mahasiswa.

"Yang jelas bisa menambah ilmu dan keinginan untuk belajar sejarah dan budaya kepada mereka semua," katanya.(*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help