TribunJateng/

Liputan Khusus

VIDEO - Kapolda Jateng Ungkap Kelebihan Polwan Dibanding Polki

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Kapolda Jateng), Irjen Pol Condro Kirono, mengatakan Polwan punya peran yang sangat penting

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Kapolda Jateng), Irjen Pol Condro Kirono, mengatakan Polwan punya peran yang sangat penting dan strategis bagi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Menurut dia, dalam menjalankan tugas, Polwan memiliki kepekaan yang lebih baik.

"Tugas dan perannya sangat penting bagi Polri, punya kepekaan lebih, justru dibanding polisi laki-laki," kata Condro, kepada Tribun Jateng, saat ditemui di rumah dinasnya, Kamis (31/8) malam.

Di samping itu, sambung dia, Polwan punya resistensi tinggi terhadap upaya-upaya penyuapan, saat menjalankan tugas di lapangan. Ini, kata dia, karena perempuan cenderung punya rasa malu yang lebih, dibanding laki-laki.

"Sehingga, pengalaman ketika Polwan melakukan penindakan tilang, kemudian ada yang coba menyuap, itu malah disemprot sama polwannya. Rasa malu dan menghargai kewanitaan, serta sifat keibuan lebih sensitif," tutur jenderal polisi berbintang dua ini.

Lantaran itu, tandas Condro, ke depan Polwan diharapkan lebih berperan lagi. Menurut dia, Polda Jateng akan memberikan kesempatan kepada Polwan untuk menempati jabatan strategis yang sama dengan Polri.

Ia menyebut jabatan strategis yang dimaksud antara lain Kapolsek, Kasat, Wakapolres, bahkan Kapolres. Oleh karena di Hari Jadi yang ke-69 yang jatuh hari ini, tugas-tugas Polwan akan semakin berat, tantangannya. (tim)

Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help