TribunJateng/

TIPS

Bersiap Ikuti Wawancara Kerja? Hindari 8 Kalimat Ini Jika Tak Mau Gagal Dapat Pekerjaan

Sudah mendapat panggilan wawancara kerja? Persiapkan diri dan hindari delapan pertanyaan serta pernyataan ini yang bisa saja menjegal Anda diterima.

Bersiap Ikuti Wawancara Kerja? Hindari 8 Kalimat Ini Jika Tak Mau Gagal Dapat Pekerjaan
DragonImages via Kompas.com
Ilustrasi wawancara kerja. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Anda sudah melamar ke berbagai perusahaan impian dan dipanggil untuk mengikuti wawancara kerja?

Persiapkan diri. Ada baiknya, Anda jeli akan pernyataan atau pertanyaan yang Anda lontarkan kepada pihak perusahaan saat wawancara. Pasalnya, pihak perusahaan tidak hanya melihat CV Anda sebelum merekrut.

Kalimat yang Anda ucapkan pun bisa berpengaruh pada diterima atau tidaknya Anda ke dalam perusahaan tersebut.

Mengutip BusinessTech, Senin (4/9/2017), ada 8 kalimat yang membuat Anda tersandung dan akhirnya gagal dalam wawancara kerja. Berikut uraiannya:

1. "Saya sangat menginginkan pekerjaan ini".

"Anda mungkin bermaksud menunjukkan keinginan Anda namun kenyataannya, ini menunjukkan keputusasaan Anda. Putus asa tidak baik dalam konteks apapun," kata Zachary Painter, penasihat karier dan manajer perekrutan ResumeGenius.com.

Painter menjelaskan, Anda harus terlihat percaya diri dan kompeten, bukan putus asa. Sebaliknya, katakanlah, "Saya sangat senang Anda mewawancarai saya dan saya menantikan diskusi lebih lanjut mengenai posisi ini".

2. "Apakah posisi ini memberikan tunjangan?".

"Kesalahan yang dibuat pelamar adalah menanyakan hal ini terlalu dini. Sebaliknya, ajukan pertanyaan mengenai bagaimana Anda bisa membantu perusahaan mencapai target," ujar April Klimkiewicz, seorang penasihat karier.

3. "Mmmm...".

Halaman
123
Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help