TribunJateng/

HORE, Tahun Ini Pemkot Salatiga Bangun Tiga Taman Kota untuk Warga

Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga belum mampu memenuhi amanat undang-undang terkait ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH).

HORE, Tahun Ini Pemkot Salatiga Bangun Tiga Taman Kota untuk Warga
Tribun Jateng/Franciskus Ariel Setiaputra
Suasana Taman Kota Salatiga, Rabu (28/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga belum mampu memenuhi amanat undang-undang terkait ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH). Dari data, RTH di Kota Salatiga baru mencapai 15,9 persen dari keharusan 30 persen seluruh wilayah.

"Sesuai Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, kami harus menyediakan RTH 30 persen dari luas wilayah kota 5.678 hektar. Tapi, kami baru memenuhi 15,9 persen atau masih kurang 14,1 persen," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga Prasetio Ichtiarto kepada Tribunjateng.com, Selasa (5/9/2017).

Prasetio berjanji memenuhi amanat undang-undanga tersebut. Hanya, dia tak bisa berjanji kapan kuota 30 persen itu bisa terpenuhi.

"Tetapi, kami akan terus berupaya. Tahun ini, kami siapkan tiga titik menjadi RTH berupa taman publik, yakni di Dukuh Promasan, Kelurahan Kumpulrejo; di Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo; dan di Kelurahan Kecandran, Kecamatan Sidomukti,” ucapnya.

(Baca: Wali Kota Salatiga Bakal Ubah Pasar Rejosari jadi Taman Jika Hal Ini Terjadi)

Menurutnya, tiga RTH tersebut bakal dibangun menggunakan APBD 2017 Kota Salatiga. Disediakan anggaran Rp 500 juta untuk merealisasikannya. Selain memenuhi amanat undang-undang, ruang terbuka hijau ini diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai sarana refreshing.

Selain membangun secara mandiri, Prasetio juga meminta para pengembang perumahan menyediakan area hijau minimal 10 persen dari luas wilayah perumahan yang mereka bangun.

“Kami juga akan membuat taman lebih kecil di sekitar Kantor Dinas Pendidikan dan Kantor Rumah Tahanan Kelas IIB Kota Salatiga. Tahun depan, pasti ada taman lagi yang dibangun tapi masih kami kaji,” terangnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help