TribunJateng/

KRISIS ROHINGYA

Kapolres Brebes Larang Masyarakat Ikut Aksi di Borobudur

Meskipun aksi tidak jadi digelar di Candi Borobudur, namun pihak Kepolisian tetap meminta warga untuk berdoa bersama di wilayahnya masing- masing

Kapolres Brebes Larang Masyarakat Ikut Aksi di Borobudur
TRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Penandatanganan pernyataan sikap forum lintas beragama di depan forum komunikasi pimpinan daerah di kantor kemenag brebes 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Kepala Kepolisian Resor (Polres) Brebes, AKBP Sugiarto, melarang keras elemen masyarakat di Brebes berangkat ke Borobudur, Magelang untuk mengikuti aksi peduli Rohingya.

Meskipun aksi tidak jadi digelar di Candi Borobudur, namun pihak Kepolisian tetap meminta warga untuk berdoa bersama di wilayahnya masing- masing.

"Kami melarang apabila ada warga masyarakat atau kelompok yang akan ikut berpartisipasi aksi unjuk rasa di Magelang maupun di Brebes. Dimungkinkan aksi tersebut ditumpangi kepentingan politik," kata Sugiarto saat acara Deklarasi Bersama Umat Beragama di Kantor Kementerian Agama Brebes, Rabu (6/9/2017).

Menurutnya, etnis Rohingya di Myanmar lebih butuh doa dan bantuan ketimbang aksi unjuk rasa.

Upaya pelarangan itu, kata dia, didasarkan pada Undang Undang Nomor 9 Tahun 1998 perihal tentang aksi demo yang mana pada Pasal 19 Ayat 2.

Baca: Seperti Jokowi, Bupati Demak Juga Hobi Bagi-bagi Sepeda

Dimana dalam pasal tersebut tertuang jelas unjuk rasa tidak boleh dilakukan di tempat ibadah, wisata, dan tempat- tempat yang tergolong sebagai objek vital nasional yang merupakan aset negara.

Dengan begitu, pelarangan aksi tersebut bukan dilakukan atas keinginan dari Polres Brebes. Melainkan sebagai upaya pencegahan dini agar tidak terjadi pelanggaran hukum oleh warga Brebes.

Sugiarto juga mengomentari berita yang beredar di media sosial. Ia mengatakan masyatakat sebagai pengguna informasi harus bijak dalam menyikapi hal itu.

Halaman
123
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help