TribunJateng/

KRISIS ROHINGYA

Ketua MUI Jateng Minta Infak Salat Jumat Disalurkan untuk Korban Rohingya

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Ahmad Darodji mengimbau pada semua takmir masjid di Jateng, Jumat (8/9/2017)

Ketua MUI Jateng Minta Infak Salat Jumat Disalurkan untuk Korban Rohingya
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Masyarakat Profesional Bagi Kemanusiaan Rohingya menggelar demonstrasi di depan Kedutaan Besar Myanmar, di Jakarta, Sabtu (2/9/2017). Demonstran memprotes kekerasan yang dilakukan rezim militer Myanmar terhadap etnis Rohingya serta mendesak pemerintah Indonesia mengusir duta besar Myanmar. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Ahmad Darodji mengimbau pada semua takmir masjid di Jateng, Jumat (8/9/2017), menggelar salat ghaib untuk korban kejahatan kemanusiaan pada etnis Muslim Rohingya di Distrik Rakhine, Myanmar.

"Semua masjid hendaknya dilakukan salat ghaib untuk korban," kata Darodji, usai menghadiri rapat koordinasi menyikapi situasi Jateng terkini, bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Jateng dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng, di ruang rapat komplek Gubernur Jateng, Rabu (6/9/2017).

Selain itu, Darodji juga mengimbau pada semua khotib di khutbah salat Jumat di semua Masjid di Jateng, agar berkhutbah tentang kedamaian.

Termasuk menjelaskan mengenai masalah Rohingnya yang kini sudah ada langkah kongkrit dan positif dari pemerintah Indonesia.

Baca: Sekda Jateng Pastikan Demo Kepung Candi Borobudur Batal, Diganti Kegiatan Ini

"Jumat besok momentum yang bagus untuk menjaga masyarakat Jateng yang adem, ayem, tentrem. Maka kita harapkan pada semua khotib khusus Jumat besok berkhutbah tentang kedamaian," katanya.

Darodji juga berharap, semua hasil infaq yang ada di masjid-masjid di Jateng khusus pada Jumat (8/9/2017), disalurkan untuk pengungsi Rohingnya.

Nantinya akan disalurkan oleh pemerintah pada mereka yang ada di Myanmar.

Mengenai adanya pembatalan aksi kepung Candi Borobudur dan diganti doa bersama serta salat Jumat bersama di Masjid An-Nur Sawitan Kabupaten Magelang, Darodji memastikan, bahwa khotib yang akan berkhutbah akan membawa pesan-pesan kedamaian.

Halaman
12
Penulis: m nur huda
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help