TribunJateng/

Baru Pertama Mewisuda, Ini Pesan Rektor Unika Soegijapranata Kepada Wisudawan

Rektor Universitas Katolik Soegija Pranata Semarang, Ridwan Sanjaya, mengajak lulusan kampus tersebut untuk berwirausaha sejak dini.

Baru Pertama Mewisuda, Ini Pesan Rektor Unika Soegijapranata Kepada Wisudawan
Istimewa
Rektor Unika Soegijapranata Ridwan Sanjaya mewisuda 459 mahasiswa di Sporthall Unika Soegijapranata, Sabtu (9/9/2017). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Rektor Universitas Katolik Soegija Pranata Semarang, Ridwan Sanjaya, mengajak lulusan kampus tersebut untuk berwirausaha sejak dini. Hal ini dia sampaikan saat mewisuda 459 wisudawan di Sporthall kampus, Sabtu (9/9/2017).

Wisuda periode kedua tahun 2017 itu merupakan wisuda pertama setelah Ridwan dilantik menjadi rektor Unika Soegijapranata.

"Mahasiswa pada era sekarang lebih mudah menciptakan ide di dunia teknologi. Mereka merupakan peran utama untuk berselancar di dunia internet. Berbeda dengan kami para orang tua yang mengenal internet sebagai barang baru," ujar Ridwan.

Ia menambahkan lulusan perguruan tinggi memiliki skill lebih di dunia kerja dan menciptakan peluang kerja. Menurutnya mahasiswa diajarkan banyak hal dalam masa perkuliahan.

(Baca: WOW, Hampir Separo dari Lulusan UNS yang Diwisuda Hari Ini Mendapat Predikat Cumlaude)

"Mahasiswa saat sudah lulus memiliki etika dan etos kerja yang baik berbeda saat mahasiswa akan masuk perguruan tinggi. Mahasiswa juga harus dapat menciptakan pekerjaan seperti satu mahasiswa Unika (Soegijapranata) yang dapat membuat game dan telah banyak dibeli pengguna Android," tambahnya.

Ridwan mengungkapkan, Unika Sogijapranata telah memiliki aplikasi yang dapat memonitor jejak akademik mahasiswa.

Calvin, wisudawan terbaik dari Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata mengungkapkan, setelah lulus dia harus tetap bersosialisasi agar memiliki banyak relasi.

"Relasi itu baik bagi lulusan perguruan tinggi. Jika jadi wirausahawan bisa memiliki rekan kerja dari relasi tersebut," ungkap Calvin.

Selain itu, satu wisudawan yang berhasil menerbitkan dua buku, Alvin, dari Magister Profesi Psikologi mengaku menghasilkan dua buku membutuhkan waktu yang tidak singkat.

"Saya menghasilkan dua buku saat sedang S-2 tahun 2014. Buku yang saya terbitkan berisikan inspirasi. Saya berharap bisa menerbitkan buku lagi sebagai hasil wirausaha saya," ujar Alvin. (*)

Penulis: Alexander Devanda Wisnu P
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help