TribunJateng/

Dalam Semalam, 10 Kambing Warga Purwodadi Gunung Kidul Mati Dimangsa Anjing Liar

Sepuluh ekor kambing milik warga Desa Purwodadi, Kabupaten Gunungkidul, dimangsa anjing liar. Hal ini berulang setiap tahun saat musim kemarau.

Dalam Semalam, 10 Kambing Warga Purwodadi Gunung Kidul Mati Dimangsa Anjing Liar
dok Kompas TV
Petugas memeriksa dan mengambil sampel kambing yang mati secara misterius. (ILUSTRASI) 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA - Serangan anjing liar kembali meresahkan masyarakat. Minggu (10/9/2017), sepuluh ekor kambing milik warga Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, kembali menjadi mangsa hewan liar.

Kepala Desa Purwodadi, Sucipto menyampaikan, sekitar pukul 02.00 WIB, serangan anjing liar kembali menyerang dua dusun, yakni Dusun Danggolo dan Sureng.

Di Dusun Danggolo, ada tujuh ekor kambing warga yang menjadi korban. Sementara di Sureng, anjing liar memangsa tiga ekor kambing.

"Jika ditotal sejak serangan pertama, sudah ada sekitar 50 ekor kambing milik warga kami mati dimangsa anjing liar," kata Sucipto, saat dihubungi Minggu.

Sebenarnya, upaya warga mencegah serangan hewan liar tersebut sudah dilakukan. Caranya, membawa pulang kambing ke sekitar rumah dan menjaga kandang yang jauh dari permukiman.

Namun, dini hari tadi, sebagian warga memilih pulang karena ada hajatan.

"Kami, beberapa waktu lalu juga bekerja sama dengan Perbakin (asosiasi menembak sasaran), tetapi hanya satu yang tertangkap," ucap Sucipto.

(Baca: 56 Kambing di Dua Desa di Probolinggo Mati secara Misterius, Kesaksian Warga Diragukan Polisi)

Sucipto pun meminta warga menangkap anjing yang tidak diketahui pemiliknya karena kejadian tersebut sudah meresahkan.

Anjing liar itu diduga hidup di antara gua yang ada di sekitar desa setempat. Kawanan hewan liar ini tak memangsa semua bagian tubuh kambing, hanya sebagian, terutama di bagian leher.

Halaman
12
Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help